Story:Ular

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ular
Ular adalah kelompok reptilia tidak berkaki dan bertubuh panjang yang tersebar luas di dunia. Secara ilmiah, semua jenis ular dikelompokkan dalam satu sub-ordo, yaitu Serpentes dan juga merupakan anggota dari ordo Squamata (reptilia bersisik) bersama dengan kadal. Akan tetapi, ular (Serpentes) sendiri diklasifikasikan pada cabang klade (Ophidia), yaitu segolongan reptilia-reptilia dengan atau tanpa kaki, bertubuh panjang, dan memiliki fisiologis yang sangat berbeda dengan kadal.
Termininja Victorrocha (File:Crotalus cerastes mesquite springs CA-2.jpg) Erikpaterson (File:Lineatus.jpg) Shyamal (File:Ahaetulla threat.jpg) Bladerunner8u (File:Florida red.jpg) Geoff Gallice (File:Imantodes cenchoa (Yasuni).jpg) Paul V.F. Barradas (File:Mucrurus sp.jpg) Wibowo Djatmiko (File:Bungar candi 120608-0343 krw.jpg) Mike Wesemann (File:Kornnatter.jpg) Johnkentucky (File:JBR 7494.jpg) Jyothis (File:Corallus caninus.JPG) Gopal Venkatesan (File:Naja naja juvenile (Karnataka).jpg) Bree Mc (File:Atheris hispida.jpg) Jayendra Chiplunkar (File:The Ceylonese Cat Snake (Boiga ceylonensis).JPG) Dixi (File:Zaskroniec (1).jpg) Miranda J, Lopes Costa JC, Duarte da Rocha CF (2012) (File:Oxyrhopus trigeminus in Lençóis Maranhenses National Park - ZooKeys-246-051-g007-C.jpeg) Bill Bouton (File:Diadophis punctatus occidentalis (Mendocino).jpg) Mark Bratton (File:Pituophis catenifer in Mojave.jpg) Geoff Gallice (File:Bird-eating snake (7607449358).jpg)
Ular diperkirakan telah berevolusi dari kadal tanah sejak pertengahan zaman Jurassic (174,1-163,5 juta tahun yang lalu).
Rushenb
Fosil ular tertua yang diketahui, Eophis underwoodi, adalah ular kecil yang hidup di daratan Inggris selatan sekitar 167 juta tahun yang lalu.
Brian Gratwicke Brian Gratwicke
Ciri-ciri utama ular adalah bertubuh panjang dan tidak memiliki kaki. Akan tetapi, ciri-ciri tersebut juga dimiliki oleh beberapa jenis kadal, misalnya (kadal-pensil Burton). Ciri-ciri selanjutnya adalah ular tidak memiliki indera pendengaran sama sekali.
A.Baihaqi
Ular merupakan salah satu reptilia yang paling sukses berkembang di dunia. Mereka dapat ditemukan di semua tipe habitat: hutan, padang rumput, gurun/padang pasir, sungai, danau, dataran tinggi, perkebunan, persawahan, laut, dan juga di pemukiman manusia. Akan tetapi, seperti halnya reptilia lainnya, ular tidak terdapat dan tidak bisa ditemukan di daerah dingin seperti di puncak gunung dan di daerah lingkar kutub (beberapa spesies ada yang mampu hidup di daerah dekat kutub utara). Ular juga tidak terdapat dan tidak ditemukan di Irlandia, Selandia baru, Greenland, pulau-pulau terisolasi di Pasifik seperti Hawaii, serta di Samudera Atlantik.
Paul Harrison