Story:Trilobit, Fosil Antropoda Laut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Trilobit
Trilobit atau trilobita (bahasa Inggris: trilobite adalah kelompok fosil artropoda laut yang sudah punah. Trilobit pertama kali muncul dalam catatan fosil pada masa Atdabania awal periode kambrium (521 juta tahun silam juta tahun lalu), dan mulai mengalami kemunduran hingga punah pada masa Devon, saat semua ordo trilobit kecuali Proetida mengalami kepunahan.
Ernst Haeckel
Trilobit termasuk binatang yang paling sukses di antara binatang-binatang yang pertamakali muncul, mampu bertahan dari kepunahan selama lebih dari 270 juta tahun. Sekitar 17.000 fosil diketahui pernah hidup pada zaman paleozoikum.
Karelj
Trilobit sering diklasifikasikan sebagai arthropoda, subfilum Schizoramia dalam superclass Arachnomorpha (setara dengan Arachnata), meskipun beberapa alternatif taksonomi ditemukan dalam literatur. Trilobit memiliki banyak gaya hidup; beberapa berkeliaran di dasar laut sebagai predator, pemulung atau penjaring makanan, dan beberapa diantaranya berenang, mencari plankton untuk dimangsa.
User:Captmondo
Beberapa trilobit (terutama keluarga Olenidae) diperkirakan telah berevolusi untuk bersimbiosis dengan bakteri pemakan belerang dimana trilobit memperoleh makanan darinya.
Didier Descouens