Story:Selayang pandang Garis Imajiner Yogyakarta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumbu Filosofis Yogyakarta
Garis Imajiner Yogyakarta atau Sumbu Filosofis Yogyakarta adalah sebuah garis tegak imajiner di Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat.
Gunawan Kartapranata
Pangeran Mangkubumi, Sultan Yogyakarta pertama sekaligus pendiri Kota Yogyakarta, mendirikan kota tersebut dengan tata kota yang jika ditarik garis lurus menjadi sebuah sumbu imajiner.
Beniwibowo
Garis imajiner tersebut memanjang dari utara ke selatan, menghubungkan Gunung Merapi di utara dengan Pantai Parangkusumo atau Pantai Parangtritis di selatan melewati Keraton Yogyakarta.
CEphoto, Uwe Aranas
Selain Gunung Merapi dan Pantai Selatan yang menjadi pangkalnya, garis imajiner ini melewati beberapa bangunan monumental di Kota Yogyakarta, yaitu Panggung Krapyak, Keraton, dan Tugu Pal Putih.
Gunawan Kartapranata
Garis ini memiliki berbagai makna filosofis, seperti hubungan antara manusia dengan Tuhannya, juga konsep Sangkan Paraning Dumadi yang menggambarkan perjalanan hidup manusia.
Tayuya Karin
Garis ini sedang diajukan menjadi Warisan Dunia Takbenda UNESCO. Keberadaannya menjadi keunikan tersendiri bagi Kota Yogyakarta dan daerah yang dilewatinya.
Midori