Story:Polyplacophora atau Kiton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Polyplacophora
Polyplacophora atau Kiton adalah kelas dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Mollusca. Contoh yang terkenal dari kelas ini adalah kiton dari genus Chiton sp..
Matt Knoth
Bentuk tubuhnya bulat telur, pipih, dan simetris bilateral. Mulut tidak berkembang baik dan terletak di bagian kepala (anterior), sedangkan anus terletak di posterior. Hewan ini tidak memiliki tentakel dan mata.
Pemuat yang asli adalah Taollan82 di Wikipedia bahasa Inggris
Permukaan dorsal tubuhnya tertutup mantel yang dilengkapi delapan kepingan kapur yang mengandung berlapis-lapis serabut insang. Kadang-kadang kepingan itu dibungkus lapisan kitin. Saluran mantel terdapat di tepi tubuh. Kakinya pipih dan biasanya memiliki lidah parut (radula).
Lamiot
Organ pencernaan dimulai dari mulut yang dilengkapi radula dan gigi–faring–perut–usus halus–anus. Kelenjar pencernaannya adalah hati yang berhubungan dengan perut.
Lamiot
Sistem saraf berupa cincin esofagus dan dua cabang saraf yang mensarafi mantel dan daerah kaki. Tidak terdapat ganglion yang jelas, tetapi ada sel-sel ganglion pada cabang saraf.
Lamiot
Sistem peredaran darah lakunair (terbuka) terdiri dari jantung, aorta, dan sebuah sinus. Darah mendapatkan oksigen dari insang.
Lamiot
Ekskresi dilakukan oleh sepasang ginjal yang bermuara ke arah posterior.
S. Rae from Scotland, UK
Reproduksi secara seksual, yaitu dengan pertemuan sel ovum dan sel sperma yang terdapat pada individu jantan dan betina.