Story:Pleurodira atau kura-kura leher ular

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pleurodira
Pleurodira adalah salah satu dari dua subordo Testudinata (kura-kura) yang anggotanya masih tersisa, yang lainnya adalah Cryptodira. Pleurodira dikenal lebih umum sebagai kura-kura leher ular atau leher panjang atau leher sisi dan nama Pleurodira secara harfiah diterjemahkan menjadi "leher sisi", sedangkan Cryptodira secara harfiah berarti kura-kura leher tersembunyi.
Kura-kura Pleurodira saat ini hanya terbatas pada habitat air tawar di Belahan Bumi Selatan, sebagian besar di wilayah Australia, Amerika Selatan, dan Afrika. Namun sebelumnya, kura-kura Pleurodira adalah kelompok hewan yang tersebar sangat luas pada periode Kapur dan Senozoikum, dan bahkan mereka dapat ditemukan pada catatan fosil dari lingkungan perairan di seluruh dunia.
Pleurodira dapat dikenali dengan cara kura-kura dari subordo ini menyembunyikan kepala mereka untuk melindungi diri. Pleurodira menekuk lehernya secara horizontal ke samping, ke ruang di bagian depan dari salah satu kaki depannya. Lapisan atas tempurung yang lebih maju membantu kura-kura Pleurodira dalam melindungi lehernya, meskipun bagian bawah tetap tidak terlindungi pada saat penarikan leher tersebut.
Adrian Pingstone
Berbagai metode menekuk leher memerlukan anatomi tulang leher (vertebra serviks) yang sangat berbeda. Semua kura-kura yang masih hidup yang telah dipelajari sejauh ini memiliki delapan tulang leher. Pada hewan Pleurodira, vertebra ini sempit pada bagian materi kelabu (substansi grissea) dan badan tulang dengan titik tengah cembung dua sisi (sentra bikonveks) pada satu atau lebih tulang leher.
Bidgee
Kura-kura Pleurodira juga berbeda dengan kura-kura Cryptodira dalam lekukan pada tengkorak mereka. Emigrasi (lekukan pada ujung) tengkorak hewan-hewan ini memberikan ruang dan penjangkaran untuk otot-otot rahang. Titik-titik pertemuan dan posisi emarginasi berhubungan dengan berbagai jenis tulang tengkorak yang berbeda.
BS Thurner Hof
Perbedaan lainnya adalah pada susunan tulang cangkang dan sisik yang menutupi mereka. Kura-kura Pleurodira memiliki 13 skat (sisik) pada bagian plastron (dada) cangkang, sedangkan kura-kura Cryptodira hanya memiliki 12 skat.
Luisovalles