Story:Piramida Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Piramida Mesir
Piramida Mesir adalah sebutan untuk sebuah bangunan berbentuk segitiga di Mesir yang merupakan piramida kuno berbentuk dengan struktur dari batu. Pada bulan November tahun 2008, diperkirakan bahwa terdapat 138 atau 118 jumlah piramida Mesir yang telah teridentifikasi. Sebagian besar piramida tersebut dibangun selama periode Kerajaan Pertengahan Mesir dan Kerajaan Lama Mesir, sebagai makam untuk raja-raja Mesir Kuno yang dikenal dengan nama Firaun dan permaisuri mereka.
Ricardo Liberato
Piramida paling awal dari bangsa Mesir Kuno adalah piramida bertingkat. Dibangun pada masa Dinasti Ketiga Mesir, arsitek Imhotep mendesain piramida bertingkat itu sebagai makam firaun Djoser. Piramida tersebut dibangun pada abad ke-27 atau sekitar 2630 SM di nekropolis Saqqara di barat laut kota Memphis.
Henry Bacon
Piramida Mesir pertama ini terdiri dari beberapa mastaba yang disusun bertumpuk. Piramida Djoser pada masa itu memiliki tinggi 62 (204 ft) meter dan diselubungi oleh marmer putih. Piramida Bertingkat (step pyramid) tersebut dianggap merupakan bangunan batu berskala besar pertama yang dibangun.
William Vaughn Tupper Flickr uploader BPL
Piramida Mesir paling terkenal ditemukan di dataran tinggi di Giza, di pinggiran Kairo, Mesir, yaitu Piramida Agung Khufu yang merupakan piramida Mesir terbesar dan satu-satunya dari Tujuh Keajaiban Dunia Kuno yang yang relatif masih utuh. Beberapa piramida yang ada di Giza termasuk di antara bangunan terbesar yang pernah dibangun. Di sana juga terdapat Piramida Khafre, dan Piramida Menkaure yang merupakan tiga piramida besar yang berada di kompleks piramida Giza.
Emirates Institution for Advanced Science and Technology
Karl Richard Lepsius yang memimpin "Ekspedisi Prusia ke Mesir" membuat daftar piramida modern pertama pada tahun 1842. Daftar tersebut berisi daftar 67 piramida kuno, yang kemudian dikenal dengan daftar piramida Lepsius. Hasil ekspedisi Prusia ke Mesir, yang terdiri dari daftar piramida tersebut diterbitkan di Denkmäler aus Aegypten und Aethiopien.
Martinas Angel