Lompat ke isi

Story:Pertolongan pertama jika tersengat ubur-ubur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ubur-ubur kotak
Ubur-ubur kotak disebut "makhluk laut paling berbisa di dunia", meskipun hanya beberapa spesies di dalam kelas telah dikonfirmasi untuk bisa terlibat dalam kematian manusia dan beberapa spesies tidak menimbulkan ancaman serius. Misalnya, sengatan hasil Chiropsella bart hanya menyebabkan gatal dan nyeri ringan.
shankar s. from Dubai, united arab emirates
Pada Desember 2012, Angel Yanagihara dari Departemen Ilmu Kedokteran Tropikal Universitas Hawaii menemukan racun yang menyebabkan sel menjadi berpori yang cukup untuk memungkinkan kebocoran kalium, menyebabkan hiperkalemia yang dapat menyebabkan gagalnya kardiovaskular dan kematian dalam waktu 2 sampai 5 menit.
N i c o l a from Fiumicino (Rome), Italy
Baru-baru ini ditemukan spesies yang sangat mirip dengan Chironex fleckeri, yaitu Chironex yamaguchii yang mungkin sama berbahayanya, seperti yang telah terlibat dalam beberapa kematian di Jepang.
N i c o l a from Fiumicino (Rome), Italy
Pada tahun 2011, Asisten Riset Universitas Hawaii Profesor Angel Yanagihara mengumumkan bahwa ia telah mengembangkan pengobatan yang efektif dengan "mendekonstruksi" racun yang terkandung dalam tentakel ubur-ubur kotak. Efektivitasnya ditunjukkan dalam dokumenter PBS NOVA Venom: Nature's Killer, yang ditayangkan di televisi Amerika Utara pada bulan Februari 2012.
N i c o l a from Fiumicino (Rome), Italy
Setelah tentakel ubur-ubur kotak melekat pada kulit, mereka memasukan nematosista dengan racun ke dalam kulit, menyebabkan rasa sakit menyengat dan menyiksa. Anggota badan yang terkena dapat ditekan untuk memperlambat penyebaran racun mematikan.
N i c o l a from Fiumicino (Rome), Italy
Menghilangkan tentakel yang tersisa pada kulit biasanya dilakukan dengan handuk atau tangan bersarung, untuk mencegah sengatan lain. Tentakel masih akan menyengat walaupun ubur-ubur mati.
N i c o l a from Fiumicino (Rome), Italy
Perlindungan selama berenang atau menyelam, gunakan pantyhose selama menyelam (baik oleh wanita maupun pria, juga di bawah pakaian selam scuba) adalah perlindungan yang efektif terhadap sengatan ubur-ubur kotak.
Methnerk
Sel-sel penyengat pada tentakel ubur-ubur kotak ini tidak dipicu oleh sentuhan, tetapi dipicu oleh bahan kimia yang ditemukan pada kulit.
Peter Southwood