Story:Pecel Lele: Makanan Khas Jawa Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pecel lele
Pecel lele atau pecek lele adalah makanan khas Jawa Timur, yang terdiri dari ikan lele dan sambal tomat. Biasanya, pecel lele berupa ikan lele yang digoreng kering dengan minyak, lalu disajikan dengan sambal tomat dan lalapan. Lalapan biasa terdiri dari kemangi, kubis, mentimun, dan kacang panjang.
Gunawan Kartapranata
Makanan ini sangat digemari di Pulau Jawa sebagai alternatif masakan ayam, terutama ayam goreng. Di Kabupaten Jember biasanya disebut "pecek lele", Kota Malang menyebutnya "lalapan lele". Biasanya penyajian pecel lele ini seperti penyajian pada ikan gurami, nila dll. yaitu sambal khas dengan aroma terasi, sayur lalapan seperti kacang panjang, timun, kemangi.
Mauli Zhafir
Istilah "pecel lele" kemungkinan adalah kesalahan eja dari kata bahasa Jawa pecek lele (ejaan baku: pecak lele). Pecak adalah nama dari sambal yang digunakan bersama lauk. Sumber lain berkata bahwa pecak adalah nama dari sejenis bumbu yang dibalurkan pada lauk sebelum dimasak. Bumbu ini terdiri setidaknya dari gula, asam jawa dan ketumbar. Meskipun demikian, istilah pecel lele lebih populer dan telah digunakan secara meluas, khususnya di Jakarta dan sekitarnya.
Si Gam