Lompat ke isi

Story:Payung Geulius, Ikon Tasikmalaya

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Payung geulis
Payung geulis (aksara Sunda: ᮕᮚᮥᮀ ᮌᮩᮜᮤᮞ᮪ pengucapan bahasa Sunda: [pajʊŋ gɤlis], EBSYD: payung gölis) adalah salah satu kerajinan berupa payung kertas yang berasal dari Kota Tasikmalaya. Payung ini terbuat dari anyaman bambu dengan penutup berbahan kertas yang dihias dengan motif atau corak khas berwarna-warni.
Arie Basuki
Secara etimologis, payung geulis berasal dari bahasa Sunda yang mempunyai arti "payung yang cantik", penamaan tersebut menunjukkan bahwa payung ini memiliki nilai estetis yang tinggi karena motifnya yang khas. Payung ini menjadi salah satu ikon Kota Tasikmalaya, terlihat dari lambang Kota Tasikmalaya yang mengandung gambar payung geulis di dalamnya.
Arie Basuki
Untuk motif payung geulis sendiri memiliki 2 motif hias, yang pertama berbentuk hias geometris bangunan yang lebih menonjol seperti lengkung, patah-patah, dan garis lurus, lalu motif hias kedua non-geometris yang terinspirasi dari bentuk alam seperti tanaman, hewan dan manusia. Pembuatan payung geulis sendiri dilakukan secara manual atau handmade oleh para pengrajin payung geulis.
Arie Basuki