Story:Paku Tanduk Rusa, Tumbuhan Paku Epifit Penghias Taman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Paku tanduk rusa
Paku tanduk rusa adalah sekelompok tumbuhan paku epifit yang semuanya tergabung dalam genus Platycerium. Tumbuhan ini memiliki penampilan yang khas karena memiliki dua tipe ental dengan fungsi dan bentuk yang jelas berbeda, dengan salah satu tipe entalnya bercabang-cabang berbentuk seperti tanduk rusa. Tumbuhan paku yang juga dikenal sebagai simbar menjangan ini dapat tumbuh liar di berbagai penjuru daerah tropika dan subtropika Asia, Afrika, dan Australia, dengan satu jenis ditemukan di pegunungan Amerika Selatan.
D. Gordon E. Robertson
Epifit sejati, dengan rimpang (rhizome) lunak tetapi liat, bergerombol dan menjalar pendek pada batang pohon atau bebatuan. Rimpang sulit dipotong dan tumbuh menjalar pendek, membuat tampilan seperti bergerombol. Akar tumbuh pada rimpang dan melekat erat pada permukaan tempatnya menempel.
Dinkum
Ental agak tebal, tumbuh dari rimpang, duduk. Terdapat dua bentuk ental. Ental perisai yang melebar menutupi rimpang dan rumpun; ia menyangga daun steril (trophophyll). Ental tanduk tumbuh menjuntai atau tegak, muncul dari titik yang sama dengan ental perisai; ia berfungsi sebagai trophophyll sekaligus sporophyll (daun fertil pembawa spora). Spora dibentuk pada sori yang terletak di sisi bawah daun.
Hardyplants
Ental perisai biasanya bercangap ke atas dan dapat "menangkap" sisa-sisa daun serta seresah dari tanaman inang sehingga menjadi humus yang terperangkap pada bagian dalam perisai. Dengan demikian, ental ini memiliki fungsi pelindung rimpang dan menyediakan lingkungan lembap dan hara bagi akar.
Bernard DUPONT from FRANCE
Paku tanduk rusa merupakan salah satu tanaman hias yang biasa dipelihara orang di pekarangan rumah, ditempel di pohon atau digantungkan untuk memberikan kesan alami pada taman. Beberapa jenisnya menghasilkan anakan yang dapat dipisahkan dari induknya secara hati-hati dan ditempelkan pada tempat lain.
Forest and Kim Starr