Story:Oregon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Oregon
Oregon telah menjadi tempat bagi banyak pribumi amerika selama ribuan tahun. Para pedagang, penjelajah, dan pemukim Eropa pertama mulai menjelajahi dari apa yang sekarang menjadi pantai Oregon's Pacific pada awal-pertengahan abad ke-16. Pada awal 1564, Spanyol mulai mengirim kapal ke timur laut dari Filipina, mengendarai Arus Kuroshio dalam rute melingkar yang melintasi bagian utara Pasifik. Pada tahun 1592, Juan de Fuca melakukan pemetaan dan studi rinci tentang arus laut di Pacific Northwest, termasuk pantai Oregon serta selat yang sekarang dinamai dari namanya yaitu Selat Juan de Fuca. Kapal Spanyol - sekitar 250 tahun lamanya - biasanya tidak akan mendarat sebelum mencapai Tanjung Mendocino di California, tetapi beberapa mendarat atau karam di tempat yang sekarang disebut Oregon. Kisah Nehalem menceritakan orang asing dan penemuan barang-barang seperti potongan lilin lebah dan vas perak dengan tutupnya, kemungkinan terkait dengan bangkai kapal San Francisco Xavier tahun 1707.
Farwestern Photo by Gregg M. Erickson
Pada tahun 1843, pemerintahan otonom dibentuk di Oregon Country, dan Oregon Territory dibentuk pada tahun 1848. Oregon menjadi negara bagian ke-33 Amerika Serikat pada 14 Februari 1859. Saat ini, dengan populasi 4 juta orang di lebih dari 98.000 mil persegi (250.000 km2) , Oregon merupakan negara bagian Amerika Serikat terbesar kesembilan dan terpadat ke-27. Ibukotanya yaitu Salem, merupakan kota terpadat kedua di Oregon, dengan 169.798 penduduk. Portland, dengan populasi 647.805, menempati urutan ke-26 dalam hal populasi di antara kota-kota Amerika Serikat. Wilayah metropolitan Portland, yang juga mencakup kota Vancouver, Washington di utara, menempati peringkat wilayah metropolitan terbesar ke-25 di negara Amerika Serikat, dengan populasi 2.453.168 jiwa.
Hux
Oregon merupakan salah satu negara bagian yang paling beragam secara geografis di Amerika Serikat, ditandai oleh gunung berapi, perairan yang melimpah, hutan cemara dan hutan campuran yang lebat, serta padang pasir yang tinggi dan semak belukar semi-kering. Pada ketinggian 11.249 kaki (3.429 m) di Gunung Hood, sebuah gunung stratovolcano, merupakan titik tertinggi negara bagian Oregon. Satu-satunya taman nasional Oregon yaitu Crater Lake National Park, terdiri dari kaldera yang mengelilingi Danau Crater serta merupakan danau terdalam di Amerika Serikat. Negara bagian Oregon juga merupakan tempat bagi organisme tunggal terbesar di dunia, Armillaria ostoyae, jamur yang tumbuh di bawah 2.200 hektar (8,9 km2) di Malheur National Forest.
M.O. Stevens