Story:Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Serangga dan Taman Kupu-Kupu
Museum Serangga diresmikan pada tanggal 20 April 1993 oleh Presiden Suharto yang bertujuan untuk memperkenalkan wawasan tentang serangga ke masyarakat luas.
Jan van Kessel the Elder
Museum ini menempati areal lahan seluas 500 m² dengan bentuk mengadaptasi tubuh belalang.
Joe Mabel
Museum ini menambah fasiltas baru berupa Taman Kupu, kebun pakan, kandang penangkaran, dan laboratorium. Penambahan fasilitas museum ini diharapkan menjadi pendukung dalam usaha penangkaran dan pelestarian kupu-kupu yang dilindungi dan langka. Kemudian tahun 2004 museum ini menambah koleksi jenis hewan selain serangga.
Kókay Szabolcs
Kemudian tahun 2004 museum ini menambah koleksi jenis hewan selain serangga.
Anax_imperator_qtl2.jpg: Quartl Cetonia-aurata.jpg: Crumps Unidentified_Mantid_Species_(6105939456).jpg: Thomas Brown Pyrrhocoris_apterus_(aka).jpg: André Karwath aka Aka Ectophasia_spp.jpg: BetacommandBot Eastern Tiger Swallowtail Papilio glaucus on Milkweed 2800px.jpg: Ram-Man Mantispidae_fg1.jpg: Fritz Geller-Grimm Bee-collecting-pollen2.jpeg: P.manchev Grasshopper_2.JPG: Ryan Wood Phyllium_giganteum,_adult_femal_from_dorsal.JPG: Drägüs Scorpion_Fly._Panorpa_communis._Mecoptera_(7837166610).jpg: Sebastian Wallroth Blaberus_giganteus_MHNT_dos.jpg: Didier Descouens derivative work: Anaxibia
Jenis serangga di dunia diperkirakan sekitar 16% ada di Indonesia.
Ivar Leidus
Sebanyak 500 jenis, terdiri atas kupu-kupu (sekitar 250 jenis), kumbang (sekitar 150 jenis), dan kelompok serangga yang lain (sekitar 100 jenis) menjadi koleksi Museum Serangga dan Taman Kupu (MSTK).
Abdul Fatah
Diorama-diorama yang dapat dilihat meliputi pesona kumbang nusantara, peranan serangga tanah dalam ekosistem dan pelestarian ekosistem, peta serangga Indonesia, serangga-serangga perombak, peta kupu-kupu Indonesia, kupu-kupu Bantimurung, dan serangga-serangga di pekarangan, serta kotak-kotak koleksi yang menampilkan kelompok serangga lain.
Hasiholan Siahaan XIV
Museum juga menyediakan layanan untuk menambah pengetahuan mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan serangga, misalnya bimbingan umum tentang serangga dan kehidupannya, pemutaran film tentang kehidupan serangga dan penjelasan di ruang audio visual, bimbingan mengawetkan serangga, dan penangkaran serangga (kupu, belalang ranting dan belalang daun), yang dilengkapi dengan perpustakaan.
Ahmadyazid638
koleksi serangga mati, juga mempunyai koleksi serangga hidup yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung, antara lain kumbang tanduk, kumbang air, lebah madu, belalang ranting, belalang daun, dan kumbang badak. Di dalam Taman Kupu terdapat sekitar 20 jenis tanaman berbunga yang sering dikunjungi kupu-kupu.
Budi A.Y
Selain koleksi serangga mati, juga mempunyai koleksi serangga hidup yang dapat dilihat langsung oleh pengunjung, antara lain kumbang tanduk, kumbang air, lebah madu, belalang ranting, belalang daun, dan kumbang badak.
Ady Cahya Kusuma