Story:Museum Batik di Indonesia Ada 3, Apa Bedanya?

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daftar museum di Indonesia
Ada beberapa museum di Indonesia yang mengangkat tema batik. Bukan tanpa sebab, batik menjadi warisan budaya Indonesia yang sudah ditetapkan oleh UNESCO.
Hernawanwan
Museum Batik di Indonesia yang cukup terkenal ada 3, Museum Batik Pekalongan, Museum Batik Yogyakarta, Museum Batik Danar Hadi Solo.
Hernawanwan
Tidak heran jika di 3 kota itu ada museum batik. Sebab ketiganya merupakan kota peradaban yang dekat dengan batik sejak lama, bahkan beratus-ratus tahun lalu.
Hernawanwan
1. Museum Batik Pekalongan. Museum ini jadi pusat informasi batik di Indonesia karena koleksinya lengkap. Koleksinya lebih dari 1.000 batik.
Hernawanwan
Koleksi unggulan museum ini yakni adanya batik Jlamprang khas Pekalongan. Katanya ada batik yang usianya sudah ratusan tahun lho.
Hernawanwan
2. Museum Batik Yogyakarta, secara luas, masih kalah dibandingkan Pekalongan. Namun koleksinya tidak kalah. Batik-batik di sini juga beragam.
Hernawanwan
Walaupun lokasinya di Yogyakarta yang notabenenya ada di “Pedalaman”, tapi Museum ini juga mengoleksi batik pesisiran.
Hernawanwan
3. Museum Batik Danar Hadi didirikan oleh produsen batik terkemuka di Solo.
Paduan.co
Di museum ini jika beruntung kamu bisa melihat proses pembuatan batik tulis secara langsung.
Christophe95
Itulah 3 museum batik di Indonesia yang notabenenya hampir sama koleksinya. Namun tetap harus dikunjungi semua karena akan ada cerita berbeda di baliknya.
Hernawanwan