Story:Museum Bank Mandiri

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Mandiri
Museum Bank dibangun pada tahun 2004.
Taman Renyah
Museum Bank Mandiri terletak di Jl. Lapangan Stasiun No. 1, Jakarta Barat dan merupakan salah satu bagian dari cagar budaya Kota Tua di Jakarta.
Rochelimit
Museum yang menempati area seluas 10.039 m2 dengan luas gedung sebesar 21.504 M2 ini pada awalnya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau kantor Factorij di Batavia yang merupakan perusahaan dagang milik raja Belanda yaitu Willem I yang kemudian berkembang menjadi perusahaan di bidang perbankan.
Dederohman
Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) dinasionalisasi pada tahun 1960 menjadi salah satu gedung kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor.
Siska.Doviana
Gedung Museum Bank Mandiri (ex-Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM)) dirancang oleh 3 orang arsitek belanda yaitu J.J.J de Bruyn, A.P. Smits dan C. van de Linde.
musnahterinjak
Koleksi museum terdiri dari berbagai macam koleksi yang terkait dengan aktivitas perbankan "tempo doeloe" dan perkembangannya.
Sabung.hamster
Koleksi yang dimiliki mulai dari perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno (numismatik), brandkast, dan lain-lain.
Sabung.hamster
Koleksi perlengkapan operasional bank "tempo doeloe" yang unik, antara lain adalah peti uang, mesin hitung uang mekanik.
Sabung.hamster
Juga terdapat kalkulator, mesin pembukuan, mesin cetak, alat pres bendel, seal press dan safe deposit box.
Sabung.hamster
Di samping itu, ornamen bangunan, interior dan furniture museum ini masih asli seperti ketika didirikan.
Seika