Story:Multibahasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Multibahasa
Multibahasa (gabungan dari multi + bahasa) atau multilingualisme (gabungan dari multi + lingualisme) merupakan suatu tindakan menggunakan banyak bahasa oleh individu atau masyarakat. Di dunia terdapat lebih banyak orang yang multibahasa daripada ekabahasa. Multibahasa menjadi salah satu fenomena sosial yang disebabkan oleh pengaruh globalisasi dan keterbukaan budaya. Berkat kemudahan akses informasi yang diberikan oleh Internet, semakin banyak orang yang terpapar oleh berbagai jenis bahasa.
Goran.Smith2 di Wikipedia bahasa Inggris
Multibahasa dapat ditemukan baik dalam induvidu maupun dalam suatu komunitas. Seseorang yang mampu untuk berbicara dalam berbagai bahasa disebut poliglot. Kemampuan komunitas untuk berbicara dalam beberapa bahasa didorong oleh berbagai latar belakang. Baik induvidu maupun komunitas multibahasa mendapatkan bahasa keduanya dengan berbagai cara, seperti pemerolehan simultan dan sekuensial.
Subhashish Panigrahi
Definisi multibahasa masih dalam perdebatan. Di satu sisi, multibahasa dapat didefinisir sebagai keahlian dan kefasihan berbahasa yang tinggi. Dalam definisi ini, penutur diharapkan memiliki pengetahuan dan kemahiran berbahasa agar terdengar fasih. Di sisi lain, hanya mengetahui beberapa frasa dari berbagai bahasa juga dapat diterima sebagai kemampuan multibahasa. Sejak tahun 1992, Vivian Cook menyatakan bahwa kebanyakan penutur multibahasa berada di antara kedua definisi tersebut. Cook menyebut orang-orang ini sebagai multi-kompeten.
Fluss