Story:Michelin, Produsen Ban Terbesar di Dunia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Michelin
Michelin (bahasa Prancis: [miʃlɛ̃]; nama lengkap: Compagnie Générale des Établissements Michelin SCA) adalah sebuah produsen ban multinasional yang berkantor pusat di Clermont-Ferrand, Auvergne-Rhône-Alpes, Prancis. Perusahaan ini adalah produsen ban terbesar di dunia, mengalahkan Bridgestone, Goodyear, dan Continental. Selain merek Michelin, perusahaan ini juga memiliki merek Kléber, Uniroyal-Goodrich Tire Company, SASCAR, Bookatable, dan Camso. Michelin juga terkenal berkat panduan perjalanan Merah dan Hijaunya, peta jalannya, bintang Michelin yang diberikan oleh Panduan Merah ke restoran atas masakannya, serta juga terkenal berkat maskotnya, Bibendum, yang biasa disebut sebagai Pria Michelin.
Fabien1309
Ciptaan Michelin antara lain ban yang dapat dilepas, pneurail (ban untuk metro berban karet), dan ban radial.
Zarateman
Michelin memproduksi ban untuk pesawat luar angkasa, pesawat terbang, mobil, alat berat, sepeda motor, dan sepeda. Pada tahun 2012, perusahaan ini memproduksi 166 juta ban di 69 fasilitas produksinya yang tersebar di 18 negara.
Matti Blume
Pada tahun 1891, Michelin berhasil mendapat paten pertamanya untuk ban pneumatik yang dapat dilepas, yang kemudian digunakan oleh Charles Terront untuk memenangkan balap sepeda jarak jauh pertama di dunia, yakni Paris–Brest–Paris tahun 1891.
Petar Milošević
Pada tahun 1934, Michelin memperkenalkan sebuah ban, yang jika bocor, masih dapat berjalan, karena dilengkapi dengan lapisan busa khusus. Ban tersebut kini dikenal sebagai ban tubeless (tipe swadukung). Pada tahun 1946, Michelin mengembangkan dan mematenkan inovasi besar dalam sejarah ban, yakni ban radial. Perusahaan ini kemudian mengeksploitasi inovasinya tersebut untuk menjadi salah satu produsen ban terkemuka di dunia.
Petar Milošević