Story:Michelangelo, Pelukis dan Pemahat Zaman Renaisans

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Michelangelo Buonarroti
Michelangelo Buonarroti atau nama lengkapnya dalam bahasa Italia Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni (dalam bahasa Spanyol disebut Miguel Ángel; dalam bahasa Prancis disebut Michel-Ange, yang kurang lebih berarti Malaikat Mikail) (6 Maret 1475 – 18 Februari 1564) adalah seorang pelukis, pemahat, pujangga, dan arsitek zaman Renaisans.
Attributed to Daniele da Volterra
Ia terkenal untuk sumbangan studi anatomi di dalam Seni Rupa. Karyanya yang dianggap terbaik adalah Patung David, Pietà, dan Fresko di langit-langit Kapel Sistina.
Michaelangelo Buonarroti
Ayah Michelangelo menginginkan Michelangelo berkonsentrasi ke profesi yang dianggap lebih mapan, tetapi Michelangelo lebih menyukai seni rupa. Ia lalu dibina oleh Domenico Ghirlandaio (namun dengan suatu sebab Michelangelo menolak hal ini) dan Bertoldo di Giovanni. Ghirlandaio kemudian merekomendasikannya kepada Lorenzo de Medici. Ia lalu membuat beberapa karya yang cukup mengagumkan (untuk usianya yang masih belasan tahun), tetapi belum mampu membuat namanya menjadi lebih terkenal.
Michaelangelo Buonarroti
Ciri perfeksionisme Michelangelo mulai berkembang sejak kritik-kritik yang dilancarkan oleh Lorenzo de Medici selama proses berkaryanya.
Michaelangelo Buonarroti
Seni Klasik dianggap mengandung banyak demoralisme karena banyaknya unsur erotisme dan gayisme (kebetulan model-model karya seni yang banyak berada di gereja adalah lelaki). Hal ini membuat Michelangelo berusaha keluar dari pengaruh Firenze. Ia kemudian terlibat penipuan patung "The Lost Cupid" yang dibeli oleh pihak Gereja. Meskipun kemudian ketahuan, usahanya ini mendapat apresiasi dari Kardinal Raffaele Riario. Michelangelo kemudian mendapat kepercayaan untuk membuat patung Bacchus. Patung ini diakui Michelangelo sebagai pesanan Jacopo Galli.
Michaelangelo Buonarroti
Michelangelo kembali mendapat kepercayaan untuk menyelesaikan bagian terakhir dari fresko Kapel Sistina, yakni Pengadilan Terakhir. Karya ini kemudian menimbulkan kontroversi karena mengekspos ketelanjangan. Untuk mengurangi kontroversi, karya ini diperbaiki oleh asistennya Daniele da Volterraa dengan menambahkan lukisan kain penutup di bagian yang dianggap penting.
Wikibusters
Michelangelo meninggal dunia pada 18 Februari 1564 di usia 88 tahun. Ia sempat membuat parodi Pietà, dengan mengganti Bunda Maria dengan sosok yang diduga adalah dirinya sendiri.
sailko