Story:Mesir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mesir
Mesir (bahasa Arab: مصر, translit. Miṣr), nama resmi Republik Arab Mesir (bahasa Arab: جمهورية مصر العربية, translit. Jumhūriyyat Miṣr al-ʿArabiyyah), adalah sebuah negara yang sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara. Mesir juga merupakan negara pertama di dunia yang mengakui Kedaulatan Indonesia pada 17 Agustus 1945.
Robster1983 di Wikipedia bahasa Inggris
Dengan luas wilayah sekitar 997.739 km² Mesir mencakup Semenanjung Sinai (dianggap sebagai bagian dari Asia Barat) sedangkan sebagian besar wilayahnya terletak di Afrika Utara, sehingga Mesir di kenal sebagai negara Lintas benua. Mesir berbatasan dengan Libya di sebelah barat, Sudan di selatan, Jalur Gaza Palestina dan Israel di timur laut. Perbatasannya dengan perairan ialah melalui Laut Tengah di utara dan Laut Merah di timur.
TUBS
Mayoritas penduduk Mesir menetap di pinggir Sungai Nil (sekitar 40.000 km²). Sebagian besar daratan merupakan bagian dari gurun Sahara yang jarang dihuni. Mayoritas penduduk negara Mesir menganut agama Islam, sementara sisanya menganut agama Kristen Kubti.
NordNordWest