Story:Mengenal Insecta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Serangga
Serangga merupakan hewan yang membentuk kelas Insekta (berasal dari bahasa Latin: insectum, sebuah kata serapan dari bahasa Yunani ἔντομον [éntomon], yang artinya "terpotong menjadi beberapa bagian") adalah invertebrata dalam filum Artropoda dan subfilum Heksapoda yang memiliki eksoskeleton berkitin.
Bugboy52.40
Serangga dapat ditemukan di hampir semua lingkungan, meskipun hanya sejumlah kecil yang hidup di lautan, suatu habitat yang didominasi oleh kelompok artropoda lain, krustasea. Kelas Insekta dibagi lagi menjadi 29 ordo, antara lain Coleoptera (kumbang), Lepidoptera (kupu-kupu dan ngengat), Diptera (lalat) dan Hymenoptera (misalnya semut, lebah, dan tawon).
Jan van Kessel the Elder
Serangga merupakan hewan beruas dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Struktur peredaran darah serangga adalah sistem peredaran darah terbuka. Dan semua serangga bertelur (ovipar).
Kókay Szabolcs
Sebagian besar serangga adalah hewan terestrial yang hidup di darat, tetapi terdapat juga jenis serangga akuatik yang hidup di air, misalnya: anggang-anggang dan kumbang air (Noteridae). Beberapa serangga seperti capung dan nyamuk adalah semiakuatik karena hanya kehidupan fase larvanya adalah di air.
Anax_imperator_qtl2.jpg: Quartl Cetonia-aurata.jpg: Crumps Unidentified_Mantid_Species_(6105939456).jpg: Thomas Brown Pyrrhocoris_apterus_(aka).jpg: André Karwath aka Aka Ectophasia_spp.jpg: BetacommandBot Eastern Tiger Swallowtail Papilio glaucus on Milkweed 2800px.jpg: Ram-Man Mantispidae_fg1.jpg: Fritz Geller-Grimm Bee-collecting-pollen2.jpeg: P.manchev Grasshopper_2.JPG: Ryan Wood Phyllium_giganteum,_adult_femal_from_dorsal.JPG: Drägüs Scorpion_Fly._Panorpa_communis._Mecoptera_(7837166610).jpg: Sebastian Wallroth Blaberus_giganteus_MHNT_dos.jpg: Didier Descouens derivative work: Anaxibia
Serangga merupakan hewan beruas dengan tingkat adaptasi yang sangat tinggi. Fosil-fosilnya dapat dirunut hingga ke masa Ordovicius. Fosil kecoak dan capung raksasa primitif telah ditemukan.
Pearson Scott Foresman
Banyak serangga yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, diantaranya sebagai organisme pembusuk dan pengurai termasuk pengurai limbah, sebagai objek estetika dan wisata seperti kupu-kupu, kumbang yang berwarna-warni, bermanfaat pada proses penyerbukan maupun sebagai hama tanaman, pakan hewan (burung) yang bernilai ekonomi tinggi, penghasil madu (dari genus Apis) dll.
Anaxibia
Makanan pada serangga tergantung pada tipe mulutnya, ada beberapa jenis tipe mulut pada serangga yang ini juga akan menentukan jenis makanannya yaitu: menusuk menghisap, menggigit mengunyah, mencium. Dalam dunia serangga ada beberapa jenis makanan yang sering ditemukan, yaitu serangga jenis herbivor, karnivor dan ada juga omnivor.
See his respective owners