Story:Mengenal Alga Hijau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alga hijau
Alga hijau adalah kelompok alga berdasarkan zat warna atau pigmentasinya. Alga hijau memiliki anggota sekitar 7.000 spesies.
Pseudopanax di Wikipedia bahasa Inggris
Dalam taksonomi, semula semua alga yang tampak berwarna hijau dimasukkan sebagai salah satu kelas dalam filum/divisio Thallophyta, yaitu Chlorophyceae.
Daniel Ramirez from Honolulu, USA
Susunan tubuh alga hijau bervariasi dalam ukuran, bentuk maupun susunannya, bisa berupa uniselular dan motil (Chlamydomonas), uniselular dan non motil (Chlorella), sel senobium (Volvox), koloni tak beraturan (Tetraspora), dan filamen (bercabang: Oedogonium, tidak bercabang: Pithoptora).
Daniel Ramirez from Honolulu, USA
Anggota alga hijau ada yang bersel tunggal dan ada pula yang bersel banyak, berwujud berkas, lembaran, atau membentuk koloni.
Andrei Savitsky
Spesies alga hijau yang bersel tunggal ada yang dapat berpindah tempat, tetapi ada pula yang menetap.
Pseudopanax di Wikipedia bahasa Inggris
Kelompok alga hijau ini juga terdiri atas sel-sel kecil yang merupakan koloni berbentuk benang yang bercabang-cabang atau tidak bercabang, ada juga yang membentuk koloni menyerupai kormus tumbuhan tingkat tinggi.
Kristina D.C. Hoeppner from Wellington, New Zealand
Bentuk dari kloroplas anggota alga hijau bermacam-macam. Kloroplas ini ada yang berbentuk mangkok contohnya Chlorella; berbentuk spiral contohnya Spirogyra; dan berbentuk bintang.
mkaanu
Seperti halnya tumbuhan, alga hijau menyimpan karbohidrat dalam bentuk butir-butir pati dalam kloroplas.
NeoMeesje
Dinding sel dari beberapa spesies chlorophyta dibangun oleh selulosa, pektin, dan polisakarida lain, seperti dinding sel tumbuhan.
Giovanni Ussi
Sel-sel alga hijau bersifat eukariotik (materi inti dibungkus oleh membran inti). Pigmen klorofil terdapat dalam jumlah terbanyak sehingga alga ini berwarna hijau, pigmen lain yang dimiliki adalah karotena dan xantofil. Komposisi ini juga dimiliki oleh sel-sel tumbuhan modern. Alga hijau di juga dapat menghasilkan oksigen berupa gelembung udara.
Ryan Hodnett