Story:Lisa, Penyanyi Berkebangsaan Thailand yang Berkarier di Korea Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lisa (rapper)
Lisa, dengan nama asli Lalisa Manoban, adalah seorang rapper dan dancer dari Thailand yang berkarier di Korea Selatan. Ia merupakan anggota dari grup vokal wanita Blackpink, dengan posisi sebagai penari utama.
F28STAR
Pranpriya Manoban lahir pada 27 Maret 1997 di Provinsi Buriram, Thailand dan kemudian mengubah namanya menjadi Lalisa. Ia adalah satu-satunya anak dari ibu Thailand dan ayah tirinya dari Swiss. Lisa menyelesaikan pendidikan menengahnya di Praphamontree School 1 dan 2.
D4Cgrapher
Dari usia muda, Lisa mulai tertarik dengan industri pop Korea Selatan atau K-pop, khususnya dengan artis-artis terkenal seperti Big Bang dan 2NE1, dan berharap suatu hari nanti akan mengikuti jejak yang sama.
Newsenstar1
Pada awal 2009, Lisa berpartisipasi dalam kontes menyanyi sebagai perwakilan sekolah untuk "Top 3 Good Morals of Thailand" yang diselenggarakan oleh Pusat Promosi Moral. Lisa selesai sebagai runner-up. Dia juga berkompetisi dalam banyak kontes tarian salah satunya "To Be Number One".
NewsInstar
Segera setelah itu, ia bergabung dengan kru tari We Zaa Cool, yang terdiri dari sebelas anggota salah satunya BamBam dari Got7. Pada bulan September 2009, mereka memasuki kompetisi yang disiarkan oleh LG Entertainment Million Dream Sanan World di Channel 9, dan memenangkan Penghargaan "Tim Khusus".
PUBG MOBILE:絕地求生M
Pada 2010, Lisa mengikuti audisi untuk bergabung dengan YG Entertainment di Thailand. Di antara 4.000 pelamar, dia adalah satu-satunya individu yang lulus. Dia secara resmi bergabung dengan label sebagai trainee asing pertama mereka pada 11 April 2011.
VOGUE Taiwan
Pada Agustus 2016, Lisa memulai debutnya sebagai salah satu dari empat anggota Blackpink, serta non-Korea pertama yang debut di bawah agensi. Blackpink memulai debutnya dengan album singel Square One dengan singel utama "Whistle" dan "Boombayah". "Whistle" mencapai "all-kill" yang sempurna, melampaui semua tangga lagu Korea Selatan saat debut.
PUBG Mobile / Blue Hole Studio (as per their YouTube channel's "About" section.)
Pada tahun 2021, Lisa merilis singel berjudul "Money". Secara komersial, "Money" memuncak di nomor sembilan dalam Billboard Global 200. Singel ini memuncaki tangga musik nasional di Malaysia dan memasuki sepuluh besar di Republik Ceko, Hungaria, India, Singapura, dan Slowakia.
티비텐