Story:Lalat capung

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lalat capung
Lalat capung (Ordo Ephemeroptera) adalah ordo dari serangga hemimetabola bersayap yang hidup di dalam ekosistem air tawar. Serangga ini menyebar di hampir seluruh lingkungan air tawar yang ada di dunia.
Richard Bartz, Munich aka Makro Freak
Serangga ini merupakan ordo dari 3000 spesies lebih yang tersebar dalam 40 famili. Serangga ini terkenal sebagai serangga yang memiliki masa hidup cukup singkat, sekitar 1 sampai 2 jam hingga beberapa hari.
Richard Bartz, Munich aka Makro Freak Image:MFB.jpg
Serangga ini merupakan salah satu serangga bersayap tertua yang fosilnya sudah ada dari zaman karboniferus hingga permian. Serangga ini ketika dewasa tidak mengonsumsi makanan.
Tdot778
Energi yang mereka perlukan berasal dari energi yang mereka kumpulkan ketika fase nimfa. Masa hidup serangga ini sebagian besar habis di dalam air. Serangga ini merupakan indikator dari polutan dan perubahan iklim.
Feel free to use my photos, but please mention me as the author and if you want send me a message. or (rufre@lenz-nenning.at)
Lalat capung merupakan serangga hemimetabola, yaitu serangga yang memiliki metamorfosis tidak sempurna. Terdapat dua fase metamorfosis, fase ketika berada di dalam air dan ketika berada di darat. Fase di dalam air terdiri atas telur dan nimfa, sementara fase di darat terdiri atas subimago dan imago.
Donald Hobern from Copenhagen, Denmark
Salah satu fosil serangga bersayap yang ditemukan pada zaman karbon akhir diperkirakan fosil ordo serangga ini. Fosil Ephemeroptera yang lebih jelas ada pada zaman Permian. Ketika zaman Mesozoikum, Ephemeroptera mencapai tingkat keragaman tertinggi, terutama ketika bagian zaman Jurasik dan Kretaseus.
gailhampshire from Cradley, Malvern, U.K
Fase dalam air terdiri atas fase telur dan nimfa. Serangga ini ketika berada di dalam fase air bisa dijadikan sebagai bioindikator untuk kualitas ekosistem air tawar.
gailhampshire from Cradley, Malvern, U.K