Story:Kura-kura darat sejati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baning (hewan)
Kura-kura darat sejati (bahasa Inggris: tortoise) adalah sekelompok reptil anggota suku Testudinidae, yang termasuk ordo Testudinata (kura-kura). Disebut demikian karena kelompok kura-kura ini sepenuhnya hidup di daratan, tidak seperti suku kura-kura lain yang kebanyakan anggotanya hidup secara akuatik atau semi-akuatik.
Kura-kura darat sejati memiliki batok kuat yang digunakan sebagai pelindung dari predator. Bagian atas dari batok tersebut, karapaks terhubung dengan lempeng di sisi bawah badannya, plastron. Apabila diperlukan, kepala dan lehernya dapat ditarik masuk ke dalam perlindungan batoknya itu.
Childzy at en.wikipedia
Kura-kura darat sejati adalah hewan darat yang memiliki umur paling panjang. Kura-kura galapagos misalnya tercatat dapat hidup hingga lebih dari 150 tahun, dan kura-kura raksasa aldabra bernama Adwaita hidup selama kurang lebih 255 tahun. Kebanyakan spesies kura-kura darat sejati umumnya dapat hidup selama 80-150 tahun.
Andrea Westmoreland from DeLand, United States
Kura-kura darat sejati adalah suku kura-kura dengan banyak anggota yang tersebar luas di seluruh dunia. Indonesia sendiri memiliki dua spesies asli, yaitu baning sulawesi (Indotestudo forsteni), dan baning cokelat (Manouria emys).
Bernard Gagnon