Story:Kura-kura Pipi-Putih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kura-kura pipi-putih
Kura-kura pipi-putih (Siebenrockiella crassicollis) adalah sejenis kura-kura air tawar anggota suku Geoemydidae. Kura-kura ini banyak dipelihara sebagai hewan timangan; oleh karenanya memiliki banyak nama dalam perdagangan (Ingg. ): Malaysian Black Mud Turtle, Black (Mud) Terrapin, dan juga Smiling Terrapin.
Wibowo Djatmiko (Wie146)
Nama yang terakhir dilekatkan karena kura-kura ini memiliki bentuk tepi rahang (bibir) atas yang melengkung menyerupai senyuman.
Wibowo Djatmiko (Wie146)
Bertubuh relatif kecil, panjang tempurungnya mencapai 200 mm. Keping nukhal (tengkuk) sempit dan menyempit ke arah depan. Keping-keping vertebral juga sempit, sekitar 40% lebar keping kostal di tengah badan. Keping vertebral hampir sama panjangnya; yang no-1 melebar di sebelah depan, no-2 hingga 4 melebar di tengah-tengah, dan no-5 melebar di belakang.
Bernard DUPONT from FRANCE
Keping kostal pertama yang paling besar, dan keempat yang paling kecil. Keping-keping marginal membentuk tepi tempurung yang rata di bagian depan, namun bergerigi di bagian belakang. Urutan panjang hubungan (yakni yang membentuk garis tengah) di antara keping-keping perisai perut adalah: abdominal > pektoral > femoral > anal > gular > humeral.
Bernard DUPONT from FRANCE
Kura-kura yang berwarna hitam di bagian punggung (karapas), atas kepala, dan perut (plastron). Terdapat bercak putih atau pucat pada pipi dan di atas matanya. Garis-garis atau pola putih kekuningan terdapat di sekitar hubungan antara keping-keping perut, atau kadang kala hitam seluruhnya.
BlankAsia.png: FB derivative work: Obsidiā™ nSoul