Story:Kura-kura Galapagos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baning floreana
Kura-kura galápagos atau kura-kura raksasa galapagos (Chelonoidis nigra dan spesies terkait) adalah spesies kura-kura terbesar yang masih hidup. Kura-kura galápagos modern beratnya bisa mencapai 417 kg (919 pon). Hari ini, kura-kura raksasa hanya ada di dua kepulauan terpencil: Kepulauan Galapagos 1000 km ke arah barat dari daratan Ekuador, dan Aldabra di Samudra Hindia, sekitar 700 km sebelah timur Tanzania.
putneymark
Kura-kura galapagos adalah hewan asli di tujuh Kepulauan Galapagos, suatu kepulauan vulkanik sekitar 1.000 km (620 mi) di sebelah barat daratan Ekuador. Dengan usia harapan hidup di alam liar lebih dari 100 tahun, ini adalah salah satu vertebrata yang paling lama masa hidupnya. Individu yang tertangkap hidup setidaknya 170 tahun.
Mfield, Matthew Field, http://www.photography.mattfield.com
Para penjelajah Spanyol, yang menemukan kepulauan ini pada abad ke-16, menamai mereka setelah dengan galápago, bahasa Spanyol yang berarti "kura-kura".
Daniel Ramirez from Honolulu, USA
Ukuran dan bentuk tempurung bervariasi antara populasi. Di pulau-pulau dengan dataran tinggi yang lembap, kura-kura lebih besar, dengan tempuruh berbentuk kubah dan leher pendek; di pulau-pulau dengan dataran rendah kering, kura-kura yang lebih kecil, dengan tempurung "saddleback" dan leher yang panjang.
ProfessorX
Pengamatan Charles Darwin atas perbedaan-perbedaan ini pada pelayaran Beagle ke dua pada tahun 1835, memberikan kontribusi terhadap perkembangan teori evolusinya. Populasi kura-kura ini menurun dari semula lebih dari 250.000 di abad ke-16 menjadi sangat kecil sekitar 3.000 pada tahun 1970-an.
Gunnar Creutz