Story:Kuil Kaiyuan Quanzhou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuil Kaiyuan Quanzhou
Kuil Kaiyuan (泉州開元寺/ Minnan: Choân-chiu Khai-goân-sī) adalah sebuah kuil Buddhis yang terletak di Quanzhou, Fujian. Kuil Kaiyuan merefleksikan arsitektur kuno Tionghoa serta menyimpan berbagai benda bersejarah di dalamnya.
Tom@HK
Kuil Kaiyuan generasi pertama didirikan pada Zaman Tang (618-907). Pada periode-periode berikutnya, Dinasti Song (960-1279), Yuan (1271-1368), Ming (1368-1644), Qing (1644-1911) ikut berkontribusi membangun dan merenovasi kuil ini.
User:Vmenkov
Fondasi dan pilar batu yang tersisa, berasal dari periode Tang dan Song, sementara bangunan-bangunan dari kayu didirikan pada periode Ming dan Qing. Sejumlah monumen kuil yang berasal dari sebelum zaman Yuan menuliskan tentang peran penting Kuil Kaiyuan.
Zhangzhugang
Aula Tianwang atau San Men adalah bangunan yang dibangun untuk tempat pemujaan bagi Empat Maharaja Langit.
Zhangzhugang
Berdasarkan Catatan Sejarah Kuil Kaiyuan (Kaiyuansi-zhi), kuil ini dibangun pertama kali pada tahun 686. Menurut legenda seorang bernama Huang Shougong bertaruh dengan seorang biksu apakah dalam mimpinya sebatang pohon mullberry bisa berbunga lotus putih. Karena kalah, kebunnya ia sumbangkan sebagai tanah untuk mendirikan kuil Buddha.
Tyg728
Aula tempat altar Sang Buddha dinamakan Daxiong Baodian atau Aula Mahavira. Ini adalah bagian paling utama kuil, dinamakan juga Aula Baizhu ("Aula dengan seratus pilar"). Pada zaman Ming, semua pilar diganti dengan batu berukir termasuk 24 ukiran yang menceritakan tentang Wisnu dari periode Tang dan Song, menandakan adanya pengaruh Hindu.
Zhangzhugang