Story:Kuda Laut, Pejantan yang Mengerami Telur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuda laut
Kuda laut adalah jenis ikan yang hidup di laut dari genus Hippocampus dan famili Syngnathidae. Hewan dengan ukuran yang bervariasi antara 16 mm (untuk spesies Hippocampus denise) sampai 35 cm ini dapat ditemukan di perairan tropis dan menengah di seluruh dunia.
Nhobgood Nick Hobgood
Kuda laut merupakan satu-satunya spesies yang jantannya dapat hamil. Kuda laut betina memiliki kantung di depan perutnya dan menaruh telurnya di sana. Sang jantan akan mengerami dan membawa telur ini hingga menetas.
Nhobgood Nick Hobgood
Nama genusnya, yakni “Hippocampus" berasal dari bahasa Yunani kuno dari kata hippókampos (ἱππόκαμπος), yang mana híppos (ἵππος) bermakna "kuda" and kámpos (κάμπος) meaning "monster laur" atau "binatang laut".
Hans Hillewaert
Kuda laut memakan lebih dari 3000 plankton setiap hari. Mereka mencari makan dengan cara menyangkutkan diri di rumput-rumput laut dan terumbu karang dengan ekor dan mengisap makanan serta plankton dengan moncongnya. Kuda laut tidak memiliki gigi dan perut untuk memproses makanan, sehingga makanan yang mereka konsumsi melewati pencernaan mereka dengan cepat, mereka harus makan setiap saat untuk bertahan hidup.
Bae Jiwon (뽀그르)
Sirip dorsal pada kuda laut terletak pada bagian bawah sedangkan sirip pektoralnya terletak pada bagian kepala, di dekat insang. Beberapa spesies kuda laut berwarna transparan sebagian sehingga tidak mudah terlihat.
Marco Almbauer