Story:Kuda

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kuda
Kuda (Equus caballus atau Equus ferus caballus) adalah salah satu dari sepuluh spesies modern mamalia dari genus Equus. Sejak dahulu hewan ini merupakan salah satu hewan peliharaan yang berfungsi secara ekonomis dan memiliki nilai historis. Kuda juga memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun.
Paula Jantunen (user Niora)
Kuda dapat ditunggangi oleh manusia dengan menggunakan sadel dan dapat pula digunakan untuk menarik sesuatu, seperti kendaraan beroda, atau bajak. Pada beberapa daerah, kuda juga digunakan sebagai sumber makanan. Walaupun peternakan kuda diperkirakan telah dimulai sejak tahun 4500 SM, bukti-bukti penggunaan kuda untuk keperluan manusia baru ditemukan terjadi sejak 2000 SM.
Mikel Ortega from Errenteria, Basque Country, Spain, with a retouche by Richard Bartz. See the original file here.
Para ilmuwan awalnya berpendapat bahwa leluhur kuda modern pertama kali didomestikasi sekitar tahun 3500 SM atau 5500 tahun yang lalu di Botai, Asia Tengah. Namun, pendapat ini ditentang oleh sekelompok ilmuwan lain yang menerbitkan penelitian pada 2021 lalu.
Freshman404
Berdasarkan hasil sekuens genom DNA kuda kuno, ditemukan bahwa padang stepa Eurasia Barat, tepatnya kawasan Volga-Don, adalah habitat kuda domestik modern. Tak hanya itu, kuda domestik modern ini menyebar dengan cepat ke luar Eurasia dan menggantikan populasi kuda lokal lainnya. Persebaran kuda domestik modern ini bersamaan dengan budaya material berkuda, termasuk kereta roda dari kebudayaan Sintasthta pada 2000 SM.
Rosa Bonheur
Kuda-kuda yang ringan, seperti kuda Arab, Morgan, Quarter Horse, Paint dan Thoroughbred beratnya bisa mencapai sekitar 590 kg.
Zahrasrtn