Story:Kolombia (Colombia)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kolombia
Republik Kolombia adalah sebuah negara yang terletak di wilayah barat laut Amerika Selatan dengan 72% dari wilayahnya berupa hutan. Kolombia berbatasan dengan Laut Karibia di utara dan barat laut; Venezuela dan Brasil di timur; Peru dan Ekuador di selatan; serta Panama dan Samudra Pasifik di barat. Kolombia merupakan negara penghasil kopi terbesar kedua di dunia setelah Brasil. Negara yang dilintasi garis khatulistiwa ini juga penghasil zamrud, dengan hampir 95% konsumsi zamrud dunia berasal dari negara ini.
Agostino Codazzi
Kolombia merupakan negara terbesar ke-25 di dunia dan negara keempat terbesar di Amerika Selatan (setelah Brasil, Argentina, dan Peru) dengan luas wilayah sekitar 2,5 kali luas pulau Sumatra. Di Amerika Latin, Kolombia adalah negara dengan jumlah populasi terbesar ketiga setelah Brasil dan Meksiko. Penduduk Kolombia berbahasa Spanyol dengan penutur terbanyak kedua setela Meksiko. Kolombia dikategorikan sebagai negara berkekuatan menengah di dunia.
Agustín Codazzi, Manuel Maria Paz, Felipe Pérez
Selama tahun 1980-an dan 1990-an, negara ini mengalami perang melawan perdagangan narkoba yang menjadikannya sebagai salah satu negara paling berbahaya di dunia. Namun sejak awal abad ke-21, negara ini telah berupaya meningkatkan kualitas hidup, keamanan, pendidikan, kesehatan, dan stabilitas untuk memposisikan dirinya sebagai negara terkemuka di Amerika. Kolombia memiliki ekonomi yang beragam dan komponen layanan yang penting. Produksi ekonomi negara didominasi oleh permintaan internal dan pengeluaran konsumsi rumah tangga yang menjadi komponen terbesar dari PDB Kolombia. Kolombia adalah bagian dari grup CIVETS, yang dianggap sebagai enam pasar berkembang utama. Indeks pembangunan manusia Kolombia adalah 0,767 dan harapan hidup rata-ratanya 77.87 tahun. Negara ini juga anggota OECD, PBB, OAS, Aliansi Pasifik, Komunitas Andes, dan organisasi internasional lainnya. Sejak tahun 2021, warga negara Indonesia dan Kolombia dapat bepergian dengan bebas tanpa visa. Kolombia juga satu-satunya n
Agustín Codazzi, Manuel Maria Paz, Felipe Pérez