Lompat ke isi

Story:Koleksi Unggulan Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Museum Sasmitaloka Panglima Besar Jenderal Sudirman
Museum Sasmitaloka Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman adalah museum sejarah dengan koleksi mengenai perjuangan Jenderal Sudirman.
Faezliaquat
Ada berbagai koleksi menarik di Museum Jenderal Sudirman ini. Koleksinya tersebar di belasan ruangan yang bisa kamu akses langsung. Selain itu ada koleksi unggulan seperti tercantum pada story berikutnya:
Hernawanwan
1. Pakaian Pangsar Sudirman. Pakaian yang dikoleksi oleh museum ini menjadi saksi bisu bagi perjuangan Pangsar Jenderal Sudirman saat berperang geriliya di perbukitan Jawa tengah dan Jawa Timur. Pakaian ini terdiri dari sepatu, tongkat, jaket, piyama, dan masih banyak lagi.
Hernawanwan
2. Senjata mesin ringan mitraliur. Senjata Mesin Ringan (SMR) ini merupakan hasil rampasan saat perang Ambarawa pada 12-15 Desember 1945.
Hernawanwan
Walaupun unggulan disebutkan hanya 2, tapi museum memiliki 14 ruangan dan bagian luar museum dengan jumlah koleksi 599 benda koleksi yang terdiri jenis logam, kayu, kulit, dan kain.
Faezliaquat
Tunggu apalagi, kamu wajib ke Museum Sasmitaloka Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman. Museum ini lokasinya ada di Jl. Bintaran Wetan 3, Yogyakarta.
Hernawanwan