Story:Kim Jong-un

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kim Jong-un
Kim Jong Un, (bahasa Inggris: /ˌkɪm dʒɒŋˈʊn, -ˈuːn/;Hangul: 김정은, Korean: [kim.dʑɔŋ.ɯːn]; lahir 8 Januari 1982, 1983 atau 1984), adalah Pemimpin Tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea, atau yang lebih dikenal dengan Korea Utara. Dia adalah putra Kim Jong-il (1941–2011) dan cucu dari Kim Il-sung (1912–1994).
Sebelum menjadi pemimpin Korea Utara, ia pernah menjabat sebagai Sekretaris Pertama Partai Buruh Korea, Ketua Pertama Komisi Militer Pusat Partai Buruh Korea, Panglima Tertinggi Tentara Rakyat Korea, dan Politbiro Partai Buruh Korea. Ia secara resmi dinyatakan sebagai pemimpin tertinggi Korea Utara setelah pemakaman kenegaraan ayahnya pada tanggal 28 Desember 2011.
The White House from Washington, DC
Pangkatnya dipromosikan menjadi Marsekal Tentara Rakyat Korea pada tanggal 18 Juli 2012, yang mengukuhkan posisinya sebagai panglima tertinggi angkatan bersenjata. Kim telah meraih dua gelar, yakni di bidang fisika dari Universitas Kim Il-sung, dan satu lagi sebagai perwira angkatan bersenjata dari Universitas Militer Kim Il-sung. Berusia 40 tahun, ia adalah kepala negara termuda di dunia pada saat mulai menjabat.
Alexei Nikolsky, The Presidential Press and Information Office
Kim Jong-un dipromosikan menjadi daejang, pangkat yang setara dengan jenderal, pada tanggal 27 September 2010, sehari menjelang konferensi Partai Buruh Korea digelar di Pyongyang. Untuk pertama kalinya, media Korea Utara menyebut nama beserta gelar militernya dalam pemberitaan, meskipun ia tidak memiliki pengalaman militer sebelumnya.
The White House from Washington, DC
Pemujaan kepribadian terhadap Kim Jong-un ditingkatkan setelah kematian ayahnya. Ia dielu-elukan sebagai "penerus besar bagi revolusioner Juche, pemimpin partai, angkatan bersenjata, dan pemimpin rakyat yang luar biasa," serta "kamerad terhormat yang identik dengan Panglima Tertinggi Kim Jong-il." Ia ditunjuk sebagai ketua panitia pemakaman Kim Jong-il.
Office of the President of Russia