Story:Kepulauan Kuril, Pulau-Pulau Rusia yang Dipersengketakan oleh Jepang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kepulauan Kuril
Kepulauan Kuril membentang ke arah timur laut dari Hokkaido, Jepang, hingga Kamchatka, memisahkan Laut Okhotsk dari Samudra Pasifik Utara. Kepulauan ini merupakan bagian dari Oblast Sakhalin, Rusia.
Bunkidō
Di Jepang, Kepulauan Kuril dikenal dengan nama Kepulauan Chishima yang secara harfiah berarti Kepulauan Seribu. Nama tersebut berasal dari dialek penduduk asli suku Ainu: kur, artinya lelaki.
NASA, International Space Station
Kepulauan Kuril telah dihuni lama oleh suku Ainu hingga mereka diusir dari bagian paling utara oleh Rusia pada abad ke-18.
acidka
Jepang menguasai wilayah ini pada tahun 1875 (melalui Pakta Saint Petersburg) dengan syarat harus menyerahkan Sakhalin kepada Rusia.
Visible Earth is part of the EOS Project Science Office at NASA Goddard Space Flight Center
Rusia memperoleh kembali Kepulauan Kuril setelah Perang Dunia II (melalui Pakta San Francisco), tetapi Jepang hingga kini mengklaim empat pulau yang letaknya di bagian paling selatan, dinamakan Teritorial Utara Jepang.
This image is in the public domain because it came from the site https://www.demis.nl/products/web-map-server/examples/ and was released by the copyright holder. Permission is granted to copy, distribute and/or modify this map since it is based on free of copyright images from: www.demis.nl. See also approval email on de.wp and its clarification.
Selain terkenal dengan tebalnya kabut, Kepulauan Kuril kaya akan rumput laut dan kehidupan dasar laut.
acidka
Walaupun ada sumber di Rusia yang menyebut Kepulauan Kuril pertama kali pada 1646, informasi pertama mengenai keberadaan Kuril berasal dari penjelajah Vladimir Atlasov pada 1697. Pada abad ke-18 dan 19, beberapa penjelajah turut berkunjung ke kawasan ini.
acidka