Story:Kentucky

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kentucky
Persemakmuran Kentucky adalah sebuah negara bagian Amerika Serikat yang terletak di bagian selatan Amerika Serikat, meskipun secara geografis kadang-kadang juga dimasukkan ke dalam Barat tengah. Pada 1792, Kentucky menjadi negara bagian ke-15 yang bergabung dalam Uni. Kentucky terkenal sebagai "Negara bagian Bluegrass", sebuah julukan yang didasarkan pada kenyataan bahwa rumput biru terdapat di banyak padang rumput di seluruh negara bagian ini. Kentucky juga terkenal karena kuda-kuda thoroughbrednya, pacuan kuda, penyulingan wiski bourbon, musik bluegrass dan bola basket sekolah tingginya.
Bill Peoples, U.S. Army Corps of Engineers
Pada tahun 1776 kabupaten Virginia di luar Pegunungan Appalachia dikenal oleh orang Eropa-Amerika sebagai Kentucky County, dinamai untuk Sungai Kentucky. Etimologi yang tepat dari nama tersebut tidak pasti, tetapi kemungkinan berdasarkan nama Iroquoian yang berarti "(di) padang rumput" atau "(di) padang rumput" (lih. Mohawk kenhtà:ke, Seneca gëdá'geh (fonemis /kɛ̃taʔkɛh/), "di lapangan"). Yang lain menyarankan istilah Kenta Aki, yang mungkin berasal dari bahasa Algonquian dan mungkin berasal dari Shawnee. Folk etimologi menerjemahkan ini sebagai "Tanah Bapa Kami". Perkiraan terdekat dalam bahasa Algonquian lain, Ojibwe, diterjemahkan sebagai "Tanah Mertua Kami", sehingga membuat terjemahan bahasa Inggris yang lebih adil "Tanah Mereka yang Menjadi Ayah Kami". Bagaimanapun, kata aki berarti "tanah" dalam kebanyakan bahasa Algonquian. Beberapa juga berteori bahwa nama Kentucky mungkin merupakan korupsi dari kata Catawba, mengacu pada Catawba orang yang mendiami Kentucky.
Daniel Schwen
Tidak diketahui secara pasti kapan manusia pertama tiba di tempat yang sekarang disebut Kentucky. Berdasarkan bukti di wilayah lain, manusia kemungkinan besar tinggal di Kentucky sebelum 10.000 SM, tetapi "bukti arkeologis dari pendudukan mereka belum didokumentasikan". Sekitar 1800 SM, transisi bertahap dimulai dari pemburu- ekonomi pengumpul ke pertanian. Sekitar 900 CE, budaya Mississippian berakar di Kentucky barat dan tengah; sebaliknya, Benteng Budaya Kuno muncul di Kentucky timur. Sementara keduanya memiliki banyak kesamaan, gundukan tanah seremonial yang khas yang dibangun di pusat-pusat yang pertama bukanlah bagian dari budaya yang terakhir. Pada sekitar abad ke-10, varietas jagung penduduk asli Kentucky menjadi sangat produktif, menggantikan Kompleks Pertanian Timur, dan menggantikannya dengan pertanian berbasis jagung di era Mississippi. Penjelajah Prancis pada abad ke-17 mendokumentasikan banyak suku yang tinggal di Kentucky hingga Perang Berang-berang pada tahun 1670-an; n
AnonymousUnknown author, but presumably engraved by John Bartholomew & Son or by William & Alexander Keith Johnston