Story:Kelulut atau lebah tanpa sengat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kelulut
Kelulut atau lebah tanpa sengat adalah salah satu jenis lebah dari suku Meliponini yang bagian tubuhnya tidak memiliki organ yang berfungsi sebagai sengat. Tubuh kelulut memiliki panjang sekitar 3–4 milimeter. Bagian tubuh yang seharusnya menjadi sengat pada kelulut mengalami reduksi sehingga tidak dapat difungsikan.
Kelulut memiliki kemampuan untuk menghasilkan madu dengan jumlah yang lebih sedikit dibandingkan dengan lebah hutan. Kemampuan lain yang dimiliki oleh kelulut ialah mampu menghasilkan propolis dan roti lebah. Satu koloni kelulut dapat berjumlah antara 300 sampai 80.000 lebah. Koloni kelulut banyak ditemukan di daerah tropika dan subtropis, khususnya di kawasan Amerika Selatan, Australia dan Asia Tenggara.
Geoff Gallice from Gainesville, FL, USA
Berbagai jenis kelulut dapat dibedakan berdasarkan kondisi morfologi masing-masing spesies. Bagian tubuh yang dapat dijadikan sebagai pembeda secara umum adalah bentuk kepala, mata, antena, sayap depan, tulang kering belakang, basitarsus belakang, ruang malar, tulang rahang, propodeum, mesoscutum, mesoscutellum, gena, venasi sayap, dan hamuli. Pembeda lainnya berupa warna tubuh yang dikenali pada bagian clypeus, abdomen, tegula, sayap dan kepala.
Geoff Gallice from Gainesville, FL, USA
Kelulut hidup dengan membentuk kelompok dalam satu koloni yang jumlahnya berkisar antara 300–80.000 ekor lebah. Sekitar 500 spesies kelulut dikenali hingga tahun 2014 dengan lima genus yang meliputi Melipona, Trigona, Meliponula, Dectylurina, dan Lestrimelitta.
William Cho.
Kelulut memperoleh sumber makanan hampir dari semua jenis tumbuhan yang menumbuhkan bunga. Tumbuhan yang tumbuh di dalam hutan maupun tumbuhan yang digunakan untuk pertanian dan perkebunan dapat menjadi sumber makanan bagi kelulut. Ketersediaan sumber makanan yang melimpah membuat kelulut menjadi salah satu sumber daya hutan bukan kayu yang dapat dibudidayakan.
Marshal Hedin from San Diego
Kelulut mampu menghasilkan tiga jenis produk yaitu madu, propolis dan roti lebah. Madu merupakan cairan manis keasaman yang diperoleh kelulut dari nektar bunga atau pucuk daun. Madu menjadi makanan utama bagi kelulut dan manusia memanfaatkannya sebagai campuran minuman dan obat. Propolis adalah lem yang dibuat oleh kelulut dari getah tumbuhan dan digunakan sebagai pelindung sarang dan mencegah pemangsa memasuki sarang lebah.
Bernard DUPONT from FRANCE
Kelulut lebih mudah dibudidayakan bila dibandingkan dengan lebah hutan. Budi daya kelulut lebih aman dikarenakan kelulut tidak menyengat dan mudah melakukan adaptasi dengan lingkungan baru. Kelutut juga tidak memiliki masa berhenti produksi dan lebih tahan terhadap hama penyakit. Sifat kehidupan kelulut ini membuat budi daya dapat dilakukan secara menetap.
Bernard DUPONT from FRANCE
Faktor lingkungan dan ketersediaan makanan menjadi penentu keberhasilan budidaya kelulut, khususnya pada hasil produksi dan perkembangan koloni. Suhu, kelembapan udara, curah hujan dan ketinggian tempat menjadi faktor lingkungan yang penting.
Bernard DUPONT from FRANCE
Secara ekologi, kelulut melakukan proses penyerbukan dalam proses mencari sumber makanan. Produk yang dihasilkan oleh kelulut bernilai ekonomi sehingga bermanfaat sebagai sumber pendapatan. Penjualan produk kelulut kemudian akan membuka peluang usaha bagi masyarakat, dijadikan sebagai objek penelitian dan sebagai potensi daerah, sehingga memberikan manfaat sosial.
Bernard DUPONT from FRANCE