Story:Kecamatan Silahisabungan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Silahisabungan, Dairi
Silahisabungan adalah sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Ibukota kecamatan berada di desa Silalahi. Kecamatan ini merupakan pemekaran dari kecamatan Sumbul.
Christian Advs Sltg
Silahisabungan merupakan satu-satunya kecamatan di Kabupaten Dairi yang berada di tepian Danau Toba.
Christian Advs Sltg
Dalam Sensus Penduduk Indonesia 2020, jumlah penduduk kecamatan ini sebanyak 5.242 jiwa sehingga merupakan kecamatan dengan jumlah penduduk paling sedikit di Kabupaten Dairi.
Christian Advs Sltg
Sehubungan dengan berkembangan kecamatan Silahisabungan menjadi tempat wisata, tersedia juga beberapa hotel hotel yang sudah ada guna menunjang perkembangan kepariwisataan di Kecamatan Silahisabungan ini.
Christian Advs Sltg
Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Dairi, sebanyak 97,88% penduduk Kecamatan Silahisabungan memeluk agama Kristen (Protestan 62,79% dan Katolik 35,09%). Sisanya, sebanyak 2,12% penduduk memeluk agama Islam. Terdapat 7 gereja Protestan, 2 gereja Katolik, dan 1 masjid di kecamatan ini.
Christian Advs Sltg
Silahisabungan merupakan salah satu daerah asal marga-marga keturunan Silahi Sabungan. Mayoritas penduduk Silahisabungan adalah masyarakat Batak Toba yang berasal dari keturunan Silahi Sabungan dan dari daerah lain di sekitar pesisir Danau Toba, seperti Samosir, Tongging, dan Simalungun.
Christian Advs Sltg