Story:Ke Candi Ijo, Yuk!

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Candi Ijo
Candi Ijo (bahasa Jawa: ꦕꦤ꧀ꦝꦶ​ꦆꦗꦺꦴ, translit. Candhi Ijo) merupakan kompleks percandian bercorak Hindu, di sebelah timur kota Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun antara abad 10 - 11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram.
Crisco 1492
Secara keseluruhan, kompleks candi merupakan teras-teras berundak, dengan bagian terbawah di sisi barat dan bagian tertinggi berada pada sisi timur, mengikuti kontur bukit.
Crisco 1492
Kompleks percandian utama terletak di bagian teratas. Ada candi induk (1 telah dipugar), candi pengapit, dan candi perwara. Candi induk yang selesai dipugar menghadap ke barat. Di hadapannya berjajar 3 candi berukuran lebih kecil, diduga dibangun untuk memuja Trimurti: Brahma, Wisnu, dan Syiwa.
Haikal-Heine
Untuk ke sini, bisa pakai rute menuju Candi Prambanan, setelah itu pilih arah selatan, ke jalan raya yang menghubungkan antara Yogyakarta & Piyungan. Sesudah menempuh kurang lebih 15 menit, cermati papan arah ke Candi Ijo. Jika pakai maps akan mudah, apalagi lokasi dekat Tebing Breksi.
Masgatotkaca
Karena terletak di ketinggian, Candi Ijo juga menjadi spot nonton sunset. Sunset dari sini cantik!
Mardiansyah Nugraha
Kalau ke sini cuma sunsetan gapapa kok. Asalkan tetap menaati peraturan ya. Mari ikut kunjungi, lindungi, lestarikan. Salam sobat cagar budaya!
GusJuned