Story:Kacapi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kacapi
Kacapi (aksara Sunda: ᮊᮎᮕᮤ) adalah alat musik Sunda yang dimainkan sebagai alat musik utama dalam Tembang Sunda, Mamaos Cianjuran, kawih, dan kacapi suling. Kata kacapi dalam bahasa Sunda juga merujuk kepada tanaman sentul, yang dipercaya kayunya digunakan untuk membuat alat musik kacapi.
Bentuk Kacapi parahu adalah suatu kotak resonansi yang bagian bawahnya diberi lubang resonansi untuk memungkinkan suara keluar. Sisi-sisi jenis kacapi ini dibentuk sedemikian rupa sehingga menyerupai perahu. Pada masa lalu, kacapi ini dibuat langsung dari bongkahan kayu dengan memahatnya.
DiN
Kacapi siter adalah kotak resonansi dengan bidang rata yang sejajar. Serupa dengan kacapi parahu, lubangnya ditempatkan pada bagian bawah. Sisi bagian atas dan bawahnya membentuk trapesium. Saat ini, kotak resonansi kacapi dibuat dengan cara mengelem sisi-sisi enam bidang kayu.
Raimond Spekking
Untuk kedua jenis kacapi ini, awalnya dawai-dawai diikat pada pureut yang ada pada bagian depan kacapi. Untuk saat ini, tiap dawai diikatkan pada suatu sekrup kecil pada sisi kanan atas kotak. Dawai-dawai tersebut dapat ditala dalam berbagai sistem: pelog, degung, sorog/madenda, atau salendro.
DiN
Fungsi Menurut fungsinya dalam mengiringi musik, kacapi dimainkan sebagai: Kacapi indung atau kacapi induk Kacapi rincik atau kacapi anak Kacapi wanda anyar
Raimond Spekking