Story:Hanoi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Hanoi
Hanoi (Bahasa Vietnam: Hà Nội; Chữ Nôm: 河内), perkiraan populasi 3.500.800 jiwa (1997), adalah ibu kota Vietnam dan dahulunya ibu kota Vietnam Utara dari 1954 hingga 1976. Kota ini terletak di tepi kanan Delta Sungai Merah. Industri yang dihasilkan Vietnam ialah peralatan mesin, kayu lapis, tekstil, kimia, dan rajutan tangan. Hanoi menjadi ibu kota Vietnam pada abad ke-7. Namanya yang berasal dari bahasa Mandarin, Đông Kinh, menjadi Tonkin dan dipakai bangsa Eropa ke seluruh wilayah Vietnam. Hanoi dijajah Prancis tahun 1873 dan diserahkan kepadanya sepuluh tahun kemudian. Ia menjadi ibu kota Indochina Prancis setelah 1887.
Cheong. Original uploader was Cheong Kok Chun at en.wikipedia. Later version(s) were uploaded by Gryffindor at en.wikipedia.
Hanoi dijajah Jepang pada 1940, dan dibebaskan tahun 1945, ketika ia menjadi pusat pemerintahan Vietnam. Dari 1946 hingga 1954, Hanoi menjadi lokasi perlawanan sengit antara Prancis dan tentara Vietnam. Sejak itu, Hanoi menjadi ibu kota Vietnam Utara.
CEphoto, Uwe Aranas
Selama Perang Vietnam sarana transportasi Hanoi terganggu oleh pengeboman jembatan dan rel kereta api, namun dengan cepat dapat diperbaiki. Setelah perang berakhir, Hanoi menjadi ibu kota seluruh wilayah Vietnam ketika Vietnam bagian Utara dan Selatan bersatu pada 2 Juli 1976.
MoriCher