Story:Gavial

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gavial
Gavial atau gharial (Gavialis gangeticus), dikenal juga sebagai buaya pemakan ikan, adalah anggota ordo crocodilia dari famili Gavialidae, yang habitat aslinya di bagian utara anak benua India. Populasi gavial secara global di alam liar diperkirakan kurang dari 235 individu, yang terancam oleh hilangnya habitat tepi sungai, deplesi sumber daya ikan, dan terkait dengan penangkapan ikan.
User Greverod on sv.wikipedia
Gavial adalah salah satu crocodilia terpanjang dari semua crocodilia yang hidup saat ini, dengan memiliki ukuran mencapai 625 m (2.051 ft), meskipun perlu dicatat bahwa ini adalah batas atas ekstrem, karena ukuran rata-rata gavial dewasa hanya 3,5 hingga 4,5 m (11 hingga 15 ft). Gavial memiliki 110 gigi tajam yang saling mengait dalam moncong tipisnya yang panjang sesuai untuk menangkap ikan, yang merupakan makanan utamanya.
Bo Link from Knoxville, TN, USA
Gavial jantan memiliki tonjolan khas di ujung moncongnya, yang menyerupai sebuah pot gerabah yang dikenal dalam bahasa Hindia dengan sebutan ghara. Nama umum gavial, yaitu gharial, berasal dari kesamaan ini.
Cliff
Gavial pernah mendiami sepanjang sungai utama anak benua India, dari Sungai Irrawaddy di timur hingga Sungai Indus di barat. Persebaran mereka sekarang terbatas hanya 2% dari wilayah mereka sebelumnya. Tempat tinggal mereka utamanya di sungai yang mengalir dengan tanggul pasir yang tinggi yang mereka gunakan untuk berjemur dan membangun sarang. Mereka biasanya melakukan perkawinan di musim dingin dan telur-telurnya menetas sebelum musim hujan.
Asim Bharwani
Gavial ditandai dari bentuk rahangnya yang tipis dan sangat panjang, yang dianggap sebagai adaptasi untuk pemakan ikan. Ukuran jantannya mencapai 6 m (20 ft) dengan berat rata-rata sekitar 160 kg (350 pon).
ZeWrestler
Gavial memiliki warna zaitun gelap atau cerah. Di atasnya dengan lurik gelap dan terlihat seperti bintik-bintik di kepala, tubuh, dan ekor. Pada usia sekitar 20 tahun, permukaan dorsal menjadi berwarna gelap, hampir hitam keabu-abuan. Permukaan ventral putih kekuning-kuningan. Lehernya memanjang dan tebal.
Matěj Baťha
Di dalam moncongnya yang tipis dan memanjang terdapat 110 gigi tajam yang saling mengait dan secara proporsional menjadi lebih pendek dan lebih tebal seiring pertambahan umurnya. Ada 27 hingga 29 gigi atas dan 25 atau 26 gigi bawah pada masing-masing sisi. Gigi-gigi depan adalah gigi-gigi terbesar.
Matěj Baťha
Gavial pernah berkembang pesat di semua sungai besar di anak benua India, meliputi dari utara Sungai Indus di Pakistan melintasi dataran banjr Gangga hingga ke Sungai Irrawaddy di Myanmar. Saat ini, mereka telah punah di Sungai Indus, di Sungai Brahmaputra, Bhutan dan Bangladesh, dan di Sungai Irrawaddy.
Matěj Baťha