Story:Gambang Keromong, Orkestra Betawi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Gambang keromong
Gambang keromong (atau kadang ditulis gambang kromong) adalah sejenis orkes yang memadukan alat-alat musik gamelan dengan alat-alat musik Tionghoa, seperti sukong, tehyan, dan kong'ahyan. Sebutan gambang kromong diambil dari nama dua buah alat perkusi, yaitu gambang dan kromong. Awal mula terbentuknya orkes gambang kromong tidak lepas dari seorang pemimpin komunitas Tionghoa yang diangkat Belanda (kapitan Cina) bernama Nie Hoe Kong (masa jabatan 1736-1740).
Ninehouse
Gambang Kromong secara umumnya memiliki pakem pada tiga tingkatan lagu. Dalam musik latar wayang Sin Pe di antaranya adalah Tauw Tiat, Dji Tiat, Sam Tiat – Tauw To, Dji To, Sam To, Si To, Gouw To, Lak To, Tjit To dan Pe To, dan sebagainya.
Tumanisme
Bilahan gambang yang berjumlah 18 buah, biasa terbuat dari kayu suangking, huru batu, manggarawan atau kayu jenis lain yang empuk bunyinya bila dipukul. Kromong biasanya dibuat dari perunggu atau besi, berjumlah 10 buah (sepuluh pencon). Tangga nada yang digunakan dalam gambang kromong adalah tangga nada pentatonik Cina, yang sering disebut salendro cina atau salendro mandalungan. Instrumen pada gambang kromong terdiri atas gambang, kromong, gong, gendang, suling/bangsing, trompet/piston, kecrek, dan sukong, tehyan, atau kongahyan sebagai pembawa melodi.
Tumanisme