Story:Eukariota

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Eukariota
Eukariota adalah organisme dengan sel yang memiliki nukleus dan organel bermembran lainnya.
File:Osmia rufa couple (aka).jpg: André Karwath File:Boletus edulis (Tillegem).jpg: Hans Hillewaert File:Volvocales.png: Aurora M. Nedelcu File:Lightmatter chimp.jpg: Aaron Logan File:Ranunculus asiaticus4LEST.jpg: Leif Stridvall File:Isotricha intestinalis.jpg: Agricultural Research Service Compilation: Vojtěch Dostál
Eukariota berada dalam takson Eukarya atau Eukaryota. Hal yang membuat sel eukariotik berbeda dari sel prokariotik (Bacteria dan Archaea) adalah bahwa mereka memiliki organel bermembran, terutama inti, yang berisi materi genetik, dan terbungkus oleh selubung nukleus. Selain itu, tumbuhan dan alga mengandung kloroplas.
Pada umumnya, sel dari eukariota memiliki ukuran yang lebih besar dari prokariota dan memiliki bagian-bagian sub-seluler yang disebut dengan organel dan sitoskeleton yang terdiri atas mikrotubulus, mikrofilamen dan filamen antara.
Hayley Orlowski
Banyak sel menelan makanan dan bahan lain melalui proses yang disebut endositosis, di mana membran luar melekuk ke dalam kemudian putus membentuk vesikel. Kemungkinan banyak organel bermembran lainnya berasal dari vesikel yang demikian.
Hannes Grobe/AWI
Reproduksi eukariota dilakukan melalui pembelahan sel, yang umumnya terjadi secara mitosis, yaitu proses pembelahan inti sel yang menyebabkan sebuah sel anak menerima duplikat setiap kromosom yang dimiliki sel induk.
MarceloTeles