Story:Emas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Emas
Emas adalah sebuah unsur kimia dengan lambang Au (dari bahasa Latin aurum, berarti "emas") dan nomor atom 79. Ia adalah sebuah logam yang cerah, memiliki warna agak oranye-kuning, padat, lunak, dapat ditempa, dan ulet dalam bentuk murni. Secara kimiawi, emas adalah sebuah logam transisi dan merupakan anggota golongan 11. Ia adalah salah satu unsur kimia yang paling tidak reaktif dan berwujud padat dalam kondisi standar.
Periodictableru
Emas sering terjadi dalam unsur bebas (keadaan asli), sebagai nuget atau butiran, dalam batuan, vein, dan endapan aluvial. Ia terjadi dalam rangkaian larutan padat dengan unsur asli perak (seperti dalam elektrum), secara alami dipadukan dengan logam lain seperti tembaga dan paladium, serta inklusi mineral seperti dalam pirit. Lebih jarang, ia terjadi pada mineral sebagai senyawa emas, seringkali dengan telurium (emas telurida).
NASA/JPL
Emas tahan terhadap sebagian besar asam, meski dapat larut dalam air raja (campuran asam nitrat dan asam klorida), membentuk sebuah anion tetrakloroaurat yang larut. Hanya asam nitrat yang tidak dapat melarutkan emas, tetapi ia dapat melarutkan perak dan logam dasar, sehingga sifat ini telah lama digunakan untuk memurnikan emas dan memastikan keberadaan emas dalam substansi metalik, sehingga memunculkan istilah 'uji asam'.
Zde
Unsur yang relatif langka, emas adalah sebuah logam berharga yang telah digunakan untuk pembuatan koin, perhiasan, dan seni lainnya sepanjang sejarah tercatat. Di masa lalu, standar emas sering diterapkan sebagai kebijakan moneter. Koin emas berhenti dicetak sebagai mata uang yang beredar pada tahun 1930-an, dan standar emas dunia ditinggalkan untuk sistem mata uang fiat setelah tindakan guncangan Nixon tahun 1971.
James St. John
Pada tahun 2020, produsen emas terbesar dunia adalah Tiongkok, diikuti oleh Rusia dan Australia. Sebanyak sekitar 201.296 ton emas eksis di atas tanah, hingga 2020. Ini sama dengan sebuah kubus dengan masing-masing sisi berukuran kira-kira 217 meter (712 ft). Konsumsi emas dunia yang baru diproduksi adalah sekitar 50% dalam perhiasan, 40% dalam investasi, dan 10% dalam industri.
Stevebidmead