Story:Danau Baikal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Danau Baikal
Danau Baikal (bahasa Rusia: Oзеро Байкал, translit. Ozero Baykal [ˈozʲɪrə bɐjˈkaɫ]; Buryat: Байгал нуур, romanized: Baigal nuurcode: bua is deprecated ; bahasa Mongol: Байгал нуур) adalah sebuah danau retakan di Rusia yang terletak di Siberia selatan, di antara subjek federal Oblast Irkutsk di barat laut dan Buryatia di tenggara.
Sansculotte
Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar di dunia berdasarkan volume. Volume air di danau ini mencapai 2.361.539 km (566.560 cu mi), atau sekitar 23% dari keseluruhan volume air tawar di permukaan Bumi, jauh lebih banyak dari gabungan volume Danau-Danau Besar di Amerika Utara.
Jason Rogers
Danau Baikal memiliki kedalaman maksimum 1.642 m (5.387 ft), dan merupakan danau terdalam, serta danau tertua di Bumi, yang terbentuk sekitar 25–30 juta tahun lalu.
Sergey Pesterev
Danau Baikal adalah danau terbesar ketujuh di dunia berdasarkan luas permukaan, dengan luas membentang hingga 31.722 km (12.248 sq mi), sedikit lebih besar dari luas Belgia. Danau ini juga merupakan salah satu danau dengan air terjernih di dunia.
Максим Усанин
Danau Baikal menjadi habitat bagi ribuan spesies tumbuhan dan hewan, banyak di antaranya merupakan spesies endemik di wilayah tersebut. Danau ini juga menjadi daerah pemukiman suku Buryat, yang banyak memelihara kambing, unta, sapi, domba, dan kuda di sisi timur danau, di daerah ini suhu rata-rata bervariasi, dengan suhu terendah saat musim dingin mencapai −19 °C (−2 °F) dan suhu tertinggi 14 °C (57 °F) selama musim panas.
FrankBothe