Story:Cycadophyta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cycadophyta
Cycadophyta (dibaca: si-ka-do-fi-ta) adalah salah satu divisi dari kelompok tumbuhan berbiji terbuka (gimnosperma).
Tumbuhan ini merupakan tumbuhan berbiji yang primitif, dengan tinggalan fosil berbentuk tidak banyak berubah dan usianya dapat ditarik sampai masa Perm awal, 280 juta tahun yang lalu. Sebaran tumbuhan ini di dunia terbatas di daerah tropis dan subtropis.
Akarnya serabut dan membentuk struktur yang disebut akar koraloid (karena bentuknya seperti karang mini) yang berisi sianobakteria dalam koloni bentuk benang dari marga Anabaena. Simbiosis akar bersama sianobakteri ini disebut sianobionta (cyanobiont) dan bersifat mutualisme karena sianobakteria ini dapat mengikat nitrogen bebas dari udara menjadi nitrat yang bermanfaat bagi tumbuhan inangnya.
Batang pada umumnya tebal dengan empulur yang berpati. Permukaan luar batang dicirikan dengan pola bekas tempelan entalnya yang sudah terlepas. Kadang-kadang batangnya tidak muncul dari permukaan atau hanya sedikit muncul, membentuk tampilan membulat yang disebut caudex.
Daunnya tersusun dalam roset mengeliling puncak batang; entalnya menyirip atau menyirip berbagi, meskipun ada beberapa perkecualian. Organ reproduksi tersusun dalam struktur yang disebut runjung (cone), yang secara botani disebut strobilus (jamak: strobili). Strobilus jantan dan betina terdapat di ujung batang pada pohon yang berbeda (semua anggota divisi ini berumah dua, dioecious).