Story:Cryptodira

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Cryptodira
Cryptodira (bahasa Yunani: leher tersembunyi) adalah subordo dari Testudines yang mencakup sebagian besar kura-kura dan penyu yang masih hidup. Cryptodira berbeda dari Pleurodira (kura-kura leher sisi) dalam hal menyembunyikan leher dan menarik kepala, di mana mereka menarik leher dan kepala secara vertikal ke dalam cangkang, alih-alih melipat leher mereka ke samping di sepanjang tubuh di bawah bagian ujung cangkang.
Tidak disediakan penulis yang bisa dibaca oleh mesin. Diasumsikan adalah Escaladix (berdasarkan klaim hak cipta).
Hewan Cryptodira termasuk spesies-spesies yang sering digolongkan sebagai kura-kura air tawar, kura-kura penggigit, kura-kura darat, labi-labi, dan penyu.
Creator:Dmitry Bogdanov
Cryptodira dapat dicirikan dengan gerakan menarik (retraksi) kepala secara vertikal, yang memungkinkan kelompok hewan ini untuk melakukan gerakan vertikal dan gerakan lateral terbatas di luar cangkang. Gerakan ini sebagian besar disebabkan oleh morfologi dan susunan tulang leher mereka.
Nobu Tamura email:nobu.tamura@yahoo.com http://spinops.blogspot.com/
Retraksi leher Cryptodiran juga bergantung pada otot-otot leher yang saling terkait untuk melakukan fitur khas tersebut. Dalam sebuah penelitian yang berfokus pada mekanisme retraksi leher pada kura-kura genus Chelodina (Pleurodira), dibandingkan dengan kura-kura genus Apalone (Cryptodira), ditemukan bahwa mereka tidak memiliki sistem otot longissimus, sistem otot iliocostalis dan pengecilan otot-otot epaksial (otot-otot belakang leher).
Hewan Cryptodira berevolusi selama periode Jura, dan pada akhir periode Jura, hampir seluruh kelompok Cryptodira menggantikan Pleurodira di danau dan sungai, sementara mereka mulai mengembangkan spesies yang dapat hidup di darat. Sementara itu, Pleurodira menjadi kura-kura air tawar yang dominan pada periode Kapur hingga kala Eosen di daratan Eropa, dan juga menghasilkan kelompok famili yang memiliki anggota yang hidup di air laut (tidak sama dengan penyu modern), Bothremydidae.