Story:Crocodyloidea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Crocodyloidea
Crocodyloidea adalah salah satu dari tiga superfamili crocodylia, selain Alligatoroidea dan Gavialoidea, dan ini termasuk buaya. Crocodyloidea mungkin juga termasuk Mekosuchinae yang sudah punah, dari Australasia pada Eosen sampai Holosen, meskipun ini diperdebatkan.
AngMoKio
Secara kladistika, kelompok ini didefinisikan sebagai Crocodylus niloticus (buaya Nil) dan semua crocodylia yang lebih berkerabat dekat ke C. niloticus daripada Alligator mississippiensis (aligator Amerika) atau Gavialis gangeticus (gharial).
Marco Schmidt
Ini adalah definisi berbasis batang untuk buaya, dan lebih inklusif daripada kelompok mahkota Crocodylidae. Sebagai kelompok mahkota, Crocodylidae hanya mengandung nenek moyang bersama paling terkini dari buaya hidup dan keturunannya (hidup maupun punah), dimana Crocodyloidea, sebagai kelompok batang, juga mengandung nenek moyang buaya basal yang sudah punah yang lebih dekat ke buaya daripada aligator atau Gavialidae.
Sarah McCans
Secara tradisional, buaya dan aligator dianggap lebih berkerabat dekat dan dikelompokkan bersama dalam klad Brevirostres, tanpa memasukkan gavial. Klasifikasi ini dibuat berdasarkan penelitian morfologis yang fokus utamanya adalah menganalisis ciri-ciri kerangka dari spesies fosil hidup dan punah.
Hans Hillewaert