Lompat ke isi

Story:Coccidae

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Coccidae
Coccidae adalah keluarga dari serangga bersel satu, memiliki sayap perisai, termasuk dalam keluarga Sporozoa. Keluarga (Famili) Coccidae ini tergolong ke dalam superfamili Coccoidea Handlirsch, selain famili Asterolecaniidae dan famili Diaspididae.
Wim b
Keluarga ini ada yang bentuknya sangat cembung mengilap dan ada juga yang datar. Coccidae jantan memiliki sepasang sayap dan mengalami perubahan bentuk secara sempurna, sedangkan yang betina tidak bersayap, berkaki sangat pendek. Binatang ini berpindah sewaktu masih muda dari tumbuhan satu ke tumbuhan lainnya, sedangkan jika sudah tua, mereka melekatkan diri pada satu tumbuhan atau hewan dan tidak berpindah lagi.
Mokkie
Coccidae hidup menutup diri dengan perisai, tinggal di bawahnya dengan telur dan anak. Ada yang menutup diri dengan benang lilin. Binatang ini mengeluarkan cairan manis dari tubuhnya sehingga sering menjadi perhatian semut.
Mokkie
Dalam keluarga ini, mereka biasanya menjadi kutu jeruk atau kutu cochenille. Kutu cuchenille banyak terdapat pada tanaman kaktus dan mengeluarkan zat berwarna merah, sehingga di Spanyol dan Aljazair, binatang ini dipelihara. Binatang ini hidup sebagai parasit, bahkan jika ia menjangkit pada manusia, bisa menyebabkan penyakit usus yang disebut coccidiosis.
Wim b