Story:Chelicerata

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Chelicerata
Chelicerata adalah subfilum dari anggota hewan tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Arthropoda. Chelicerata dalam pengertian yang luas merupakan salah satu kelompok fauna yang terdiri dari Arachnida, Xiphosura, kelompok yang punah Eurypterida dan Chasmataspidida dan juga Pycnogonida.
Eurypterids Pentecopterus Vertical.jpg: Patrick Lynch Pycnogonid.jpg: Steve Childs Limulus polyphemus (aq.).jpg: Hans Hillewaert Gasteracantha cancriformis 2.jpg: Mike Kullen
Saat ini, jumlah jenis yang dikenal hidup dan sudah ditemukan lebih dari 100.000 jenis telah diberi nama. Termasuk didalamnya jenis yang sangat mega-diverse yaitu Acari dan laba-laba (Araneae) yang dari tahun ke tahun jumlah temuan jenis baru terus meningkat secara drastis.
ДиБгд, Ichthyovenator, Nobu Tamura
Chelicerata diduga mempunyai nenek moyang yang hidup di dalam air. Namun, jenis-jenis chelicerata dari laut maupun air tawar saat ini sangat jarang ditemukan dan hanya terbatas pada laba-laba laut dan mimi dan mintuno (horseshoe crabs) serta beberapa akuatik Acari dari kelompok Hydracari. Konon, kelompok yang pertama kali diyakini hidup di daratan adalah kalajengking.
Obsidian Soul, ДиБгд, Ichthyovenator, Nobu Tamura
Meskipun banyak fosil yang telah ditemukan dan secara meyakinkan merupakan salah satu kelompok dari Chelicerata, tetapi temuan fosil ini – tidak hanya di Chelicerata, tetapi juga kelompok lain – dalam kajian filogeni tetap menimbulkan kontroversi yang memerlukan lebih banyak penjelasan.
Ken-ichi Ueda Hans Hillewaert Luis Fernández García Lucarelli Bernard DUPONT Kurt Kulac