Story:Bulus

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bulus
Bulus (Amyda cartilaginea) adalah sejenis labi-labi (kura-kura bertempurung lunak) anggota suku Trionychidae. Kura-kura yang hidup di air, dengan diameter punggung mencapai 100 cm, meskipun umumnya hanya hingga 60 cm saja. Kepala membulat, dengan mata kecil dan lubang hidung yang terletak di ujung belalai yang kecil dan pendek.
Wibowo Djatmiko (Wie146)
Perisai relatif membundar, tertutupi oleh kulit tebal yang lunak dan licin, dengan bintil-bintil dan lipatan (gigir) rendah memanjang yang halus dan terputus-putus. Lehernya panjang, sehingga kepalanya dapat menjangkau sekurangnya setengah dari perisainya. Tungkai depan dan belakang dengan selaput penuh, cakar-cakarnya kuat dan berkuku runcing terutama pada tungkai depan.
Wibowo Djatmiko (Wie146)
Warnanya bervariasi mulai dari hitam, abu-abu hingga kecokelatan. Hewan-hewan yang muda memiliki bintik-bintik kekuningan, terang ataupun buram. Kadang-kadang terdapat 6–10 bercak bulat agak gelap bertepi putih, tersusun dalam deretan melengkung di punggungnya. Sisi bawah tubuh halus licin, berwarna keputihan.
Wibowo Djatmiko (Wie146)
Hewan ini terutama hidup di perairan yang tenang, berarus lambat. Di sungai atau anak-anak sungai, danau, dan kolam, termasuk kolam pemeliharaan ikan. Memangsa ikan dan hewan-hewan kecil lainnya, bulus biasa bersembunyi dalam lumpur atau pasir di dasar perairan.
Phương Huy (thảo luận)
Labi-labi hutan Dogania subplana memiliki bentuk dan warna yang hampir sama; dan juga umum disebut bulus.
Phương Huy (thảo luận)