Lompat ke isi

Story:Becak di Indonesia dan Negara Lain

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Becak
Becak (dari bahasa Hokkien: 馬車 atau 马车, be chia, "kereta kuda") adalah suatu moda transportasi beroda tiga yang umum ditemukan di Indonesia dan juga di sebagian wilayah Asia. Kapasitas normal becak adalah dua orang penumpang dan seorang pengemudi. Di kawasan Jatiasih dan Cibubur, becak disebut dengan nama kereta, di Jonggol, becak disebut dengan nama kreta panumpang dan di Depok disebut dengan nama bicak.
Paco Pater
Dilihat dari tenaga penggeraknya, becak ada dua jenis, yaitu becak kayuh dan becak bermotor. Becak kayuh adalah becak yang menggunakan sepeda dengan tenaga penggerak manusia sebagai kemudi.
Andreanrama
Becak bermotor disebut juga becak mesin, yaitu becak yang menggunakan sepeda motor sebagai penggerak.
DARMAS BS 9
Sementara dari bentuknya, di Indonesia ada dua jenis becak yang lazim digunakan yaitu becak dengan pengemudi berada di belakang dan di samping.
Nurunnaby Chowdhury (Hasive)
Kedua-dua bentuk itu masing-masing memiliki jenis yang bertenaga penggerak manusia ataupun mesin. Helicak ("helikopter becak", becak bermotor berbentuk serupa helikopter) dan bentor dari wilayah timur, contohnya, bertenaga penggerak mesin di belakang. Bentor atau betor dari Sumatra, khususnya Sumatra bagian utara, bertenaga penggerak mesin di samping.
RaiyaniM
Jenis becak yang pengemudinya berada di depan diketahui ada di beberapa negara lain, sebagaimana dikembangkan di India, Pakistan dan Bangladesh.
Biswarup Ganguly